Loading...

Bupati Apresiasi Kunjungan KPK RI di Malra

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun menerima kunjungan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat diruang kerjanya, Rabu (15/02/2023) dengan agenda melakukan Audensi dan Observasi Percontohan Desa Antikorupsi Indonesia dan dua Desa/Ohoi di Kabupaten Maluku Tenggara menjadi sasaran Sosialisasi Desa Anti Korupsi yaitu Di Ohoi Yavawun dan Ohoi Elar Lamagorang.

Ungkap Bupati, dirinya sangat mengapresiasi perhatian Pemerintah Pusat melalui KPK-RI atas penetapan dua desa di Maluku Tenggara, dikarenakan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara menjadi salah satu daerah di Indonesia yang ditetapkan untuk mengikuti, berarti mengangkat harkat dan martabat desa di Maluku Tenggara karena sesuai dengan kearifan lokal yaitu Hukum Adat Larvul Ngabal yang mengatur tentang tatanan kehidupan.

Olehnya itu, Bupati Malra menginstruksikan OPD yang melakukan pendampingan yaitu Inspektorat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Perlindungan Perempuan dan Anak (DPMPA) serta Dinas Kominfo, terkait dengan 2 Ohoi/Desa yang akan ikut serta dalam penilaian Tim Penilaian Desa Anti Korupsi dan Maluku Tenggara menjadi bagian dari lokasi yang akan dinilai menjadi tempat kick off anti korupsi.

Ketua Tim Observasi Observasi Percontohan Desa Antikorupsi Indonesia untuk Maluku Tenggara Adnhika Widiarto, Spesialis Pembinaan Peran Serta Masyarakat dalam paparannya kepada Bupati Thaher Hanubun, Sekretaris Daerah Malra, A. Yani Rahawarin menjelaskan bahwa, sesuai koordinasi bersama Kementerian terkait.

Maka dua Desa di Maluku Tenggara-Provinsi Maluku dilakukan observasi kegiatan ini dan ada indikator Desa Anti Korupsi yang harus dipenuhi antara lain: Penguatan tata laksana, Penguatan Pengawasan, Penguatan Kapasitas Pelayanan Publik, Penguatan Partisipasi Masyarakat dan Kearifan Lokal, maka dukungan Pemerintah Daerah dalam beberapa tahapan yaitu Observasi yang saat ini dilakukan dan lanjutannya Bimtek yang didampingi Inspektorat, DPMPA dan Dinas Kominfo Maluku Tenggara, Monitoring Evaluasi serta terakhir penilaian oleh Tim.

Dikatakan juga bahwa, Observasi Desa 22 Provinsi termasuk Maluku dan didalamnya Kabupaten Maluku Tenggara ada dua Desa, 
usai melakukan audens tersebut Tim KPK RI survei dua tempat yang menjadi target pelaksanaan kegiatan lanjutan yaitu Stadion Maren Langgur serta Gedung Serba Guna Larvul Ngabal Langgur yang didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga serta Sekretaris Inspektorat Maluku Tenggara. (DS)
Maluku Tenggara 2545957543010093124

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC