Loading...

Ramah Tamah Pj Bupati Malteng, Para Camat dan Latupati Se-Kabupaten

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Bertempat di Baeleo Ir. Soekarno Pandopo Bupati Maluku Tengah (Malteng), Rabu (21/09/2022), Ramah Tamah atau Silaturahmi Penjabat (Pj) Bupati Malteng, Muhamat Marasabessy, SP, ST, M.Tech bersama para Camat dan Latupati (Kapala Pemerintahan) Se-Kabupaten Malteng.

Dikesempatan ini pula, Pj Bupati Malteng, Muhamat Marasabessy, dalam sambutannya mengatakan bahwa, Selaku Pj Bupati, saya telah melakukan Serangkain Kunjungan Kerja (Kerja) dan Bersilaturahmi dengan berbagai Stakeholder Masyarakat untuk memperkenalkan diri, menyampaikan Agenda Prioritas saya sesuai Amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Gubernur Maluku saat saya dilantik serta Mensosialisasikan Motto Kabupaten dan Gerakan yang telah saya Gagas dan tetapkan. 

"Hari ini saya mengundang para Camat dan Latupati untuk Bersilaturahmi sekaligus memberikan Arahan untuk dilaksanakan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggungjawab guna mendukung Tugas saya mewujudkan Percepatan Pembangunan serta meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Malteng," ungkapnya.

Marasabessy menambahkan bahwa, kita secara Perlahan-lahan telah keluar dari Krisis Pandemi Covid-19. Semua ini Berkat Kerja Keras para Camat dan Latupati sebagai Garda Terdepan yang Bersentuhan dengan Dinamika Sosial Kemasyarakatan. Kita tidak harus Eforia, tetapi harus Waspada atas Ancaman yang bisa datang kapan saja dan Berdampak terhadap Kehidupan Masyarakat dan Daerah. 

"Saat ini kita mengalami Tekanan Inflasi Akibat Kenaikan Harga BBM, ini merupakan Tantangan Serius yang harus kita Antisipasi. Kita tidak bisa menutup mata bahwa, Masyarakat terus Bereaksi atas Kondisi ini, saya Menginstruksikan agara para Camat dan Latupati hadir Ditengah-tengah Masyarakat memberikan Pencerahan dan Penguatan agar Reaksi Masyarakat tidak Menimbulkan Gejolok Kamtibmas yang berlebihan," ujarnya.

Saya minta agar para Camat dan Latupati Turut melakukan Pengawasan secara Ketat dan memastikan bahwa, Stabilitas Harga dan bahan-bahan Pokok serta BBM tetap tersedia dan dapat memenuhi Kebutuhan Pokok Masyarakat. Berikan Laporan secara Rutin kepada saya baik Langsung maupun melalui Pimpinan OPD terkait.

Muhamat Marasabessy, mengingatkan agar Pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dapat dipergunakan sebaik-baiknya secara Adil, Jujur, Transparan dan Akuntabel. Saya minta para Camat agar melakukan Pengawasan secara Serius dan segera berikan Laporan kepada saya jika terdapat Indikasi Penyalahgunaan DD dan ADD yang Berpotensi menimbulkan Masalah Hukum. 

Saya ingatkan agar DD dan ADD harus dikelola untuk Kemajuan Pembangunan Desa dan meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa. 

Sesuai Arahan Gubernur Maluku, selain Tugas Pokok sesuai Perintah Mendagri, terdapat sejumlah Masalah Prinsipil yang terjadi.

"Kabupaten ini dan Perlu mendapat Perhatian serta Penanganan secara Komprehensif Masalah tersebut antara lain: Batas Daerah, Petuanan Adat, Pengungsi, Pengangkatan Raja/Kepala Desa serta hal lain yang dapat menganggu Keamanan dan Ketertiban Masyarakat termasuk membiarkan Konflik-konflik di Malteng terus berlanjut," ucapnya.

Karena itu, saya Instruksikan agar para Camat, secara Khusus para Latupati agar Menjalin Komunikasi, Koordinasi dan Kolaborasi antara Negeri/Desa secara Intensif. Kalian harus bantu saya menyelesaikan masalah-masalah tersebut. 

Marasabessy, mengharapkan agar para Latupati perlu menginisiasi Kegiatan-kegiatan bersama antar Negeri/Desa secara Rutin agar Terjalin Hubungan yang Harmonis dan penuh Persaudaraan. Saya minta para Camat agar Aktif Memfasilitasi dan Memediasi Kebutuhan Negeri/Desa sesuai Kemampuan dan Ketentuan yang berlaku.

Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Negeri/Desa terus menciptakan Suasana yang Kondusif dan Damai di Bumi Pamahanunusa ini. Kalian harus Memahami dan Memaknai Motto Kabupaten selama Kepemimpinan saya yakni: Kerja Cepat, Kerja Cerdas dan Kerja Profesional. Jadikan motto ini sebagai Penyemangat untuk melakukan yang terbaik Masyarakat. 

Saya juga Menginstruksikan agar para Camat dan Latupati mengkampanyekan Gerakan Sapa Umat, Berahklak Bermartabat yang telah saya Launching. Implementasi Gerakan ini dalam Wujud Program Kegiatan Negeri/Desa dan Kecamatan secara tepat dan terukur. 

"Saya Optimis dengan Komunikasi, Koordinasi dan Kolaborasi kita dapat melakukan yang terbaik bagi Kemajuan Daerah ini," tutupnya.

Turut hadir: Penjabat Bupati Malteng, Muhamat Marasabessy, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malteng, Sekda Malteng dan Pimpinan OPD, serta para Camat para Latupati/Raja Se-Kabupaten Malteng. (MCJ)
Malteng 1772275242121709654

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

TRENDING TOPIC