Loading...

Jelang Pesparani DLHK Kota Tual Akan Pangkas Ranting Pepohonan Sepanjang Jalan Utama

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Penegasan tersebut disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Tual, Jamal Renhoat saat dikonfirmasi Media ini, Selasa (23/08/2022).

Menurut Renhoat, beberapa tahun terakhir ini banyak Ranting Pepohonan yang ada di sepanjang Jalan Utama di Kota Tual yang kerap mengganggu pengguna Jalan sehingga Pihaknya diminta oleh Bapak Walikota untuk dibersihkan.

"Pemangkasan ini juga sekaligus mempercantik Wajah Kota Tual Jelang Pesparani Tingkat Provinsi Maluku. Pemangkasan dilakukan secara Intensif terutama pada Pohon tepi jalan, mengingat saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan," ungkap Renhoat.

Pada saat musim penghujan, daun-daun tumbuh rimbun dan apabila terjadi Hujan Deras yang disertai Angin Kencang, seringkali terjadi Pohon Tumbang.

Untuk mempermudah Proses Pemangkasan pada Pohon yang Tinggi, Petugas akan menggunakan Mobil Skywalker milik Dinas PUPR Kota Tual.

Pemangkasan dilakukan dengan membersihkan ranting pohon yang menjuntai ke badan jalan agar tidak membahayakan keselamatan pengguna jalan. Pemangkasan juga dilakukan terhadap Cabang yang sudah Tua dan tidak Produktif, Cabang yang terserang Hama Penyakit, Cabang yang Kering dan daun-daun yang Tumpang tindih.

"Pemangkasan dilakukan untuk menghindari dahan patah atau pohon tumbang akibat daun terlalu rimbun. Pemangkasan juga dilakukan untuk mengendalikan Pertumbuhan Tanaman yang sudah tidak teratur dan mempertahankan Bentuk/Dimensi Ukuran Tanaman," ujar Renhoat.

Manfaat lain Pemangkasan yaitu untuk menjaga Kesehatan Tanaman. Apabila ada daun atau ranting yang terkena Penyakit, akan segera dipangkas agar tidak meluas ke bagian Tanaman lainnya.

Untuk mendukung Kegiatan Pemangkasan Pihak DLHK lewat DPA tahun 2022 telah menganggarkan Pembelian 2 Unit Mesin ChainShaw/Mesin Sensor.

"Keberadaan Mesin ini sekaligus sebagai langkah Antisipasi jika sewaktu waktu ada Pohon Tumbang ditengah jalan," tutup Renhoat. (MCS)
Tual 3719061062151305755

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC