Loading...

Gunakan Dana Aspirasi, Saadiah Akan Bangun Lahan Cabe Seluas 15 Hektare di Negeri Rutah

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Hadiri Launching Kampung Hortikultura, Anggota DPR RI Dapil Maluku, Saadiah Uluputty akan Menggunakan Alokasi Dana Aspirasi Anggota Komisi IV Tahun 2022 untuk Areal Tanaman Cabe Seluas 15 Hektare di Desa Rutah, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Jumat (10/06/2022).

Saadiah bersama Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian RI, BPPT Provinsi Maluku, BPTH, Kabid Hortikultura Maluku Tengah, Melakukan Bimbingan Teknik (BIMTEK) dan Memberikan Informasi tentang Program Kementerian.

Bersama Kementrian Pertanian Jajaran Direktorat Jenderal Hortikultura, BPPT Provinsi Maluku, BPTH, Kabid Hortikultura Maluku Tengah, Memberikan berbagai Bimbingan dan Informasi Terkait dengan Program Kementrian Pertanian kepada 200 Orang Petani dari Desa Rutah yang berlangsung di Aula Hatel Sinar Kota Masohi.

Dalam sambutan Saadiah katakan bahwa, Indonesia sebagai Negara Agraris yang Subur adalah Anugerah Tuhan untuk Indonesia. Sebagian besar Penduduk Indonesia yang hidup di Pedesaan Bercocok Tanam dilahan Pertanian.

"Dari waktu ke waktu Progres dan Capaian Pertanian Tinggi dan menjadi Swasembada Pangan. Tetapi diwaktu kini dari Laporan Menteri Keuangan pada Pidato Pengantar Nota Keuangan pada Sidang Paripurna DPR RI Menyampaikan bahwa, Indonesia di Prediksi akan Mengalami 3 Krisis salah satunya, adalah Krisis Pangan," ungkapnya.

Dengan Potensi yang ada Masih Besar untuk diolah dengan Ketersediaan Lahan yang ada. Kita masih Menjumpai Lahan-lahan Kosong dan Lahan Tidur yang belum di Tanami. Berbagai Komoditi Pangan Tumbuh Subur disini baik Tanaman Perkebunan, Tanaman Pangan ataupun Hortikultura.

"Di satu sisi Maluku yang Lahannya Masih Kosong ini, ternyata dalam Laporan Menteri Pertanian diruang Komisi IV bahwa, Maluku termasuk Daerah yang Defisit Cabe. Saya menjadi Heran kenapa bisa Defisit padahal banyak Lahan masih Kosong. Di Pulau Seram yang Subur juga sebenarnya Potensial untuk dikelola," ucapnya.

Dan oleh karena itu, kata Saadiah, dirinya Kemudian Menyampaikan kepada Dirjen Hortikultura agar Mengintervensi Bantuan dari APBN untuk Mengembangkan Cabe. Mengingat Cabe adalah salah satu Komoditi yang dikonsumsi setiap hari. Harganya juga Naik dan selalu Fluktuatif di Pasar.

Sehingga ucapnya dengan Kunjungan ke Areal Pertanian dan Launching Kampung Hortikultura di Desa Rutah akan menjadi Areal Tanaman Cabe dalam Kawasan dan Hamparan Luas. Lahan tersedia sebagaimana disampaikan kepala Bidang Hortikultura Kabupaten Malteng Seluas.

"Maka di Tahun 2022 Insya Allah akan dibuka dengan Alokasi Aspirasi Anggota Komisi IV DPR RI, Saadiah Uluputty Seluas 15 Hektare, dan Kawasan ini juga akan menjadi Modeling untuk Percontohan Kawasan Pertanian yang juga akan Terintegrasi dengan Unit Pengelolaan Pupuk Organik," tutupnya. (MCJ)
Malteng 7793597427870690382

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC