Loading...

Wakili Sekda, Asisten III Setda Kota Tual Ikuti Zoom Webinar Transformasi Birokrasi Oleh Kemendagri

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Bertempat di Aula Kantor Walikota Tual, Rabu (23/02/2022). Asisten III, Zaki Kabalmay yang Mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) bersama Kadis Kominfo Kota Tual ikuti Kegiatan Transformasi Organisasi Birokrasi oleh Kemendagri secara Virtual.

Kegiatan ini lebih difokuskan pada Kolaborasi dan Sinergi yang dibangun baik secara Horizontal dan Vertikal pada setiap Instansi Pemerintah.

Hal lain yang tidak kalah Penting yaitu Merubah Cara Kerja, Kultur, dan Cara Berpikir (Mindset) sehingga nantinya Organisasi Birokrasi dapat semakin Adaptif, Agile, dan Fluid dalam memberikan Pelayanan Prima.

Konsep Agile Governance atau disebut Pemerintahan yang Tangkas Sejatinya Merupakan Konsep Birokrasi yang telah lama ditelaah di Dunia Akademis terlebih lagi pada Jurusan Manajemen Pelayanan Publik atau Ilmu Administrasi Publik.

Keunggulan Konsep atau Metode Agile ini adalah melakukan Simplifikasi terhadap Birokrasi, fokus pada sarat kecepatan dan kemudahan sebagai Perwujudan dari Dynamic Governance, dialektika Perubahan Relasi Negara menuntut pula Perubahan Birokrasi agar tidak tergerus oleh Zaman (Obsolete).

Konsep NPM (New Public Management), NPS (New Public Service), Lean Up, Design Thinking, Metode Scrum dan yang lainnya adalah bentuk Adaptasi Agile dan Fluidity Birokrasi melalui Perbaikan Ekosistem dari Sistem Kerja Pemerintahan yang mampu menjawab tantangan Perbaikan Kualitas Pelayanan Publik melalui Perbaikan Ekosistem.

Ekosistem Birokrasi yang Adaptif, Agile, dan Fluid tidak lagi bersandar pada Personalisasi, Hirarki, dan Eselonisasi ketat yang bersifat TopDown tetapi merupakan Ekosistem yang dapat membangun Organisasi Pembelajar (Learning Organization), berkembangnya Dialog Strategis, Marketing Sektor Publik, dan dukungan seluruh SDM (Taking Ownership) terhadap capaian Shared Vision Organisasi Akselerasi Reformasi Birokrasi.

Merupakan suatu kebutuhan untuk menuju tata kelola Pemerintahan yang lebih baik lagi yang ditandai dengan Sistem Birokrasi yang Adaptif, Agile, dan Fluid, dengan Karakter seperti: Good Governance, Fokus pada Pelayanan, Keterlibatan Masyarakat dalam Pemerintahan, Inovatif, Responsif, dan Berorientasi pada hasil.

Sebagai bentuk Akselerasi Perubahan perlu dilakukan Transformasi Organisasi meliputi Perbaikan Proses Bisnis, Perbaikan Kualitas Layanan, Perbaikan Manajemen Kinerja, dan Perbaikan Sistem Pengawas.

Hal tersebut tentunya akan berjalan Optimal dengan didukung oleh 3 Pilar yaitu: Kemampuan Digital, Budaya Organisasi, dan Inovasi sehingga Birokrasi Adaptif, Agile, dan Fluid yang berkelas Dunia dapat terwujud.

Kepada Wartawan usai mengikuti kegiatan Kabalmay katakan bahwa, kegiatan ini sangat bermanfaat sebab Pelayanan Publik saat ini Mengalami Pergeseran dan dituntut Pelayanan Maksimal oleh Penyelenggara Pemerintahan baik di Pusat maupun Daerah. (MCS)
Tual 2328751785215357930

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC