Loading...

Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Dusun Dumar Jadi Pilot Project Dinas Ketapang Kota Tual

TUAL, MALUKUCHANNEONLINE.COM - Melalui Kelompok Tani yang dibentuk Dumar Quini banyak Hal Positif yang berdampak Kemasyarakat khususnya Generasi Muda.

"Aktivitas Bertani bukan cuma hanya Menanam, tapi bagaimana kita sebagai Generasi Muda menjadi Katalisator Perubahan ditengah derasnya Arus Perubahan," ungkap Fadlan Ketua Dumar Quini Kepada Media ini, Minggu (27/02/2022).

Belakangan ini, Generasi Muda terlena dengan Perkembangan Zaman, akibatnya Mindest dalam membuat Gerakan Perubahan sangat minim.

"Dumar Quini bukan cuma hanya Kelompok Tani yang menanam, tetapi bagaiman kita mampu Membangun Keterikatan dengan Lingkungan salah satunya adalah dari Sektor Pertanian.

Sebab Bertani bagi Suku Kei adalah bagian dari Melestarikan nilai-nilai Budaya (Kearifan Budaya Lokal). Dengan Bertani aktivitas-aktivitas Negatif dapat di Minimalisir khususnya Kalangan Milenial.

Sejak didirikan Dumar Quini sudah Melakukan Panen beberapa kali. pada Panen di bulan Februari tahun lalu dihadiri langsung oleh Kepala Bappeda Kota Tual, Fahry Rahayaan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Sarmin, SP dan Kepala Dinas Pertanian Kota Tual, Ir. Irene Ngabalin.

"Pihak Bappeda Kota Tual sangat Mengapresiasi Kegiatan Kelompok Tani Dumar Quini sebab ini yang Pertama dan jadi Pilot Project buat Kalangan Milenial Kei. Kedepan kami akan membantu Mempersiapakan Aplikasi Penjualan Produk-Produk UMKM untuk Memaksimalkan dan Memudahkan Penjualan," ucap Fahry Rahayaan, Kepala Bappeda Kota Tual saat Kunjungan dilokasi.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan yang juga turut hadir katakan, dengan adanya Program ini, maka kedepan Produk Pertanian asal Kelompok Tani Dumar Quini dapat memenuhi Pasar Lokal di Dua Daerah ini.

"Akan ada Pendampingan Intens dan Berkelanjutan terhadap Kelompok P2L (Pekarangan Pangan Lestari) Dumar Quini dalam Mencukupi Kebutuhan Pangan Anggota Kelompok serta Kebutuhan Pasar," ujar Sarmin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tual.

Sekedar Informasi, Kelompok Yani Dumar Quini di Dominasi oleh Generasi Muda Asli Kei dengan latar belakang yang berbeda-beda sertaemiliki Visi yang sama dalam Memajukan Ketahanan Pangan Kota Tual.

"Saat ini kami sedang Mempersiapkan Dumar Quini bukan hanya sebagai tempat untuk Bertanam, namun bisa menjadi Wahana Edukasi Masyarakat Maluku, khususnya Masyarakat Kei," tutup Fadlan, Ketua Dumar Quini. (MCS)
Tual 554067855255935300

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC