Loading...

SMK Negeri 1 Jadi Pilot Project SMK Se-Maluku

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Demikian penjelasan Tim dari Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Tekhnologi yang diwakili Oleh DR. Gusnani kepada Media ini, Selasa (07/12/2021).

Menurut Gusnani, sejak pertama ditugaskan untuk melakukan Pendampingan pada SMK Negeri 1 Tual dari Tanggal 03 - 08 Desember 2021 dirinya menemukan masih ada beberapa orang Guru yang masih menggunakan Pola Mengajar yang tidak sesuai dengan Model Pembelajaran Paradigma Baru yang berbasis Merdeka Belajar.

Sejatinya adalah semua SMK yang sudah ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan Wajib Menerapkan Pembelajaran Berbasis Paradigma Baru yakni 70% Praktik dan 30% Teori.

Untuk itulah, dirinya sebagai salah satu Widyaswara pada Kemendikbud juga ditugaskan untuk membenahinya sebelum memasuki Tahun Pelajaran 2022.

Selama hampir sepekan Gusnani melakukan Pendampingan Implementasi Pembelajaran (PIP) pada SMK Negeri 1 Tual yang merupakan SMK Pusat Keunggulan sekaligus Pilot Project bagi Pengembangan SMK Se-Provinsi Maluku.

"Secara umum menurut Gusnani SMK Negeri 1 Tual sudah Memenuhi Harapan Direktorat Jenderal Vokasi Kemendikbud dengan Presentase diatas 90 Persen Model Pembelajarannya telah menerapkan Paradigma Baru berbasis Merdeka Belajar, tinggal beberapa Pengajar saja yang masih harus dibenahi," tutup Gusnani.

Secara Terpisah, Kepala Sekolah SMK PK Negeri 1 Tual, Samsudin Rumaf kepada Media ini berharap agar Para Guru yang masih Menerapkan Kurikulum lama akan dilakukan Pendampingan dan selanjutnya akan dievaluasi setiap Bulan untuk memastikan Kinerja yang bersangkutan.

Rumaf juga meminta dukungan dari seluruh Stakholder dan Pemangku Kepentingan agar Sekolahnya sebagai Pilot Project SMK Pusat Keunggulan di Provinsi Maluku dapat Memenuhi Harapan Masyarakat serta Daerah dalam Menjawab Kebutuhan Tenaga Kerja terampil yang Profesional. (MCS)
Tual 7199671549526936605

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC