Loading...

SMK Negeri 1 Tual Gelar Workshop Penyusunan Program Sekolah Anti Perundungan/Bullying

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - SMK Negeri 1 Tual Gelar Workshop Penyusunan Program Sekolah Anti Perundungan/Bullying

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tual kembali menyelenggarakan Workshop Penyusunan Program Sekolah Terkait Anti Perundungan (Bullying) selama 2 hari sejak, Rabu (22/09/2021) hingga, Kamis (23/09/2021).

Kegiatan yang diikuti oleh Para Guru yang telah memenuhi Kualifikasi Fasilitator ini dibuka oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Tual, Samsudin Rumaf, S.Pd.

Dalam sambutannya Rumaf katakan, program ini adalah hasil uji Coba salah satu Badan PBB yakni UNICEF bersama Pemerintah Indonesia sejak 2017 hingga 2020, dan melibatkan para pakar, Akademisi, dan Praktisi Pendidikan dan Perlindungan Anak.

Tujuan dari pada kegiatan Workshop ini adalah untuk memusatkan peran pelajar di Sekolah sebagai Agen Perubahan dan menyebarkan pesan dan perilaku baik di lingkungan sekolah, khususnya kepada teman sebaya.

Program yang digagas oleh UNICEF Indonesia ini awalnya diberi nama Roots Indonesia dan dalam perkembangannya ternyata dianggap berhasil menekan bahkan mengurangi tingkat perundungan hingga 30% dan akan terus ditingkatkan mulai Tahun 2021.

Dengan adanya Workshop ini peserta diharapkan dapat memahami situasi perundungan di Sekolah sebelum dan setelah program sekaligus memilih 30 Siswa Agen Perubahan sehingga peserta yang sekaligus fasilitator ini dapat melaksanakan pertemuan wajib antara agen perubahan dan fasilitator guru melalui e-Course.

Workshop ini digelar dalam bentuk pengenalan materi dan Diskusi Kelompok dengan mengacu pada 10 Modul yang wajib diikuti oleh agen perubahan diantaranya:

01. Pengenalan Program.
02. Meningkatkan rasa percaya dalam kelompok sebaya.
03. Mengenal Bullying.
04. Kepemimpinan dan Komunikasi Efektif.
05. Melihat Perspektif yang berbeda dan membangun Hubungan yang Sehat.

06. Memberikan Respon Terhadap Konflik.
07. Membuat Perubahan Perilaku secara Positif.
08. Mengembangkan Rekomendasi Kebijakan Sekolah Pencegahan Kekerasan.
09. Mengembangkan dan mempraktekan  Permainan Peran Berdasarkan Observasi Siswa Terhadap Perilaku Bullying di Sekolah.
10. Membuat Aksi yang melibatkan seluruh Siswa.

Sehingga dalam kesehariannya SMK Negeri 1 Tual menjadi satu satunya Sekolah Anti Kekerasan dan Perundungan di Kota Tual sebagai perwujudan dari Program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (MCS)
Tual 2133932678585902249

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC