Loading...

Peringatan Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura Ke-204 Tahun 2021

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Peringatan Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura KE-204 Tahun 2021, berjalan lancar sekalipun dilaksanakan Ditengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), dengan penerapan Protolol Kesehatan (Prokes) yang ketat, namun di sadari bahwa hal tersebut tidaklah mengurangi semangat dalam memperingati Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura, Sabtu (15/05/2021).

Di Kesempatan ini pula, Wakil Bupati Maluku Tengah. Marlatu L. Leleury, SE memimpin jalannya Peringatan Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura Ke-204 Tahun 2021, dan Sekaligus membacakan sambutan Gubernur Maluku. Murad Ismail, Mengatakan bahwa, Perjuangan Kapitan Pattimura Ke-204 Tahun yang lalu merupakan peristiwa penting yang menjadi catatan Sejarah bagi Bangsa dan Negara, yang selalu kita Kenang, di Sebarluaskan dan di Sosialisasikan kepada Generasi muda masa kini dan yang akan datang.

Perjuangan yang Dilakukan oleh Kapitan Pattimura dan pejuang lainnya, serta rakyat yang tertindas adalah upaya untuk menentang hegemoni penjajah, membela harga diri, serta menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia.

"Kisah Kepahlawanan Kapitan Pattimura melawan penjajah merupakan salah satu bentuk perlawanan sejati yang telah Ditunjukan oleh para pahlawan, untuk merebut kemerdekaan, dan membebaskan diri dari kaum penjajah. oleh karena itu, semangat dan kasih kepahlawanan Kapitan Pattimura dalam mengusir penjajah tersebut, mestinya tertanam di dalam sanubari seluruh warga masyarakat maluku di manapun berada," ungkapnya.

Iya pun menambahkan bahwa, semangat dan nilai luhur perjuangan Pahlawan Pattimura seperti rela berkorban, pantang menyerah, bekerja keras, hendaknya dapat menggugah hati dan tekat kita untuk memperkokoh dan meningkatkan rasa persatuan, kebersamaan dan kerukunan kita dimanapun berada.

"Banyak nilai dan hikmah penting yang dapat kita ambil dari perjuangan Kapitan Pattimura dan para pejuang serta Pahlawan besar lainnya di tanah maluku. oleh karena itu, kita harus termotivasi untuk terus berjuang dan maju, cerdas serta berdaya saing demi kemajuan negeri tercinta ini," ucapnya.

Janji Kapitan Pattimura Jelang Kematiannya yaitu bahwa: "Pattimura Tua boleh sirna, tetapi akan bangkit Pattimura-Pattimura Muda untuk meneruskan perjuangan ini" tentunya akan menjadi semangat bagi kita semua di masa kini, untuk terus berjuang meningkatkan kesejahteraan masyarakat maluku, dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang melimpah di maluku.

Saat ini, Pemerintah Daerah Provinsi Maluku terus berupaya untuk mewujutkan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui perwujudan Visi "Maluku yang terkelola secara jujur, bersih, melayani, terjamin dalam kesejahteraan dan berdaulat atas gugusan kepulauan".

"Dengan demikian kami mohon dukungan dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat, dengan tetap menjunjung tinggi kearifan lokal "Siwalima" mari basudara katong baku gandeng majukan maluku. maju terus pantang mundur (Lawamena Haulala) potong di kuku rasa di daging, ale rasa, beta rasa, dan sagu salempeng di patah dua," tutupnya. (MCJ)

Malteng 4294365005622043062

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC