Loading...

Rencana Aksi SMK Negeri 1 Tual Sebagai Pusat Keunggulan SMK Tahun 2021

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Hal Tersebut dikatakan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kota Tual, Samsudin Rumaf, S.Pd di Ruangannya saat diwawancarai Media ini, Kamis (25/03/2021).

Kepsek Sederhana ini mengungkapkan bahwa, Sekolahnya saat ini sedang mengikuti Ajang Kompetisi antar SMK Se-Nusantara yang digelar oleh Direktorat Jenderal Vokasi Kemndikbud yang diberi nama Rencana Aksi SMK sebagai Pusat Keunggulan Tahun 2021 yang diikuti oleh Seluruh SMK Se-Indonesia.

Rumaf, mengungkapkan dalam Rencana aksi ini Pihaknya telah mengirimkan Detail Visual yang dapat diakses lewat Youtube dengan VISI sebagai Berikut Mengembangkan Pendidikan Berbasis Kompetensi Sehingga Menghasilkan Lukusan yang Unggul, Tangguh, Berprestasi, Mandiri dan Berjiwa Kewirausahaan dalam Bidang Rumput Laut yang dilandasi dengan Iman dan Taqwa.

Sedangkan MISInya adalah:
1. Mewujudkan Program Keahlian Agribisnis Rumput Laut sebagai Pusat Keunggulan  Berbasis Dudi.
2. Menciptakan SDM yang Kompeten dalam Bidang Rumput Laut.
3. Mengembangkan Pelajaran dengan Penerapan Sikap Kewirausahaan Berbasis Industri dalam menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan.
4. Menerapkan Keterbukaan, Kemitraan, dan Pelayanan Prima.
5. Mengembangkan Ketrampilan dan Ketelitian dengan Mengutamakan kedisplinan dan Kejujuran terhadap sesama dan Lingkungan.

Dengan melihat Kondisi Alam yang menjanjikan secara alami maka Komoditi Rumput Laut menjadi Program Unggulan yang menjadi Tumpuan Harapan Daerah serta menjadi Satu Satunya Program Keahlian Agribisnis Rumput Laut pada SMK yang ada di Kota Tual sekaligus Hadir untuk Menjawab Permintaan akan Pasar Ekspor yang sangat tinggi di Luar Negeri setiap Tahunnya yang didukung oleh Dunia Industri dan Dunia Usaha serta Instansi Pemerintah Baik Provinsi Maupun Kota.

"Berdiri diatas Lahan seluas 15.000 M2 dan didukung dengan Fasilitas Penunjang Praktik Budidaya dan Pengolahan Rumput Laut," ungkap Rumaf.

Diakhir wawancaranya Kepsek yang Ramah ini Katakan bahwa, dalam Jangka menengah kedepan Jurusan Agribisnis Rumput Laut membangun sistem Pembelajaran Berbasis TEFA dengan Menghadirkan Guru Tamu, Meningkatkan Kemampuan Guru melalui Program Guru Magang dan Siswa pada Dunia Industri dan Dunia Usaha baik Dalam Negeri maupun Luar Negeri serta Penyelarasan Kurikulum secara Berkala Dengan Dunia Industri dan Dunia Usaha serta Implementasi BLUD secara Efektif.

"Diharapkan dengan adanya Program Keunggulan SMK ini mampu menghasilkan Lulusan yang Berkwalitas dan Sanggup Berwirausaha secara Mandiri. Ditargetkan sampai dengan Tahun 2025 Lulusan SMK yang Berwirausaha sebanyak 50%, yang Bekerja sebanyak 30% dan yang melanjutkan ke Jenjang Perguruan Tinggi sebanyak 20%," tutup Rumaf. (MCS)

Tual 5635364345873184170

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC