Loading...

Kadis Dikbud Provinsi Maluku Kunker di SMK Negeri 1 Kota Tual

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, DR. Ir. Insun Sangadji, M.Si yang tiba bersama Rombongan Ibu Gubernur Maluku di Kabupaten Maluku Tenggara akhirnya mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kota Tual, Sabtu (27/03/2021).

Dalam Kunjungan tersebut DR. Ir.Insun Sangadji meninjau Laboratorium Pembibitan Rumput Laut yang dibangun menggunakan Dana CoE Tahun 2020.

Selain Lab Rumput Laut, Juga Laboratorium Perikanan serta Sarana Penunjang pada Jurusan Tata Busana/Tata Boga.

Kepada Media ini DR. Ir. Insun Sangadji yang didampingi Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kota Tual, Samsudin Rumaf, S.Pd Katakan bahwa, salah satu ketertinggalan Provinsi Maluku pada Sumber Daya Manusia (SDM) adalah Pendidikan, Karena itu lewat Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Pihaknya telah dan akan terus melakukan berbagai Terobosan dan Inovasi untuk menjawab ketertinggalan Maluku.

Contoh nyata adalah Program Mobile Teacher, Penggunaan Aplikasi Microsoft 365 Bagi SMA-SMK dll.

"Sebab Mutu Pendidikan adalah Kunci Utama membangun SDM yang Handal sehingga mampu mencetak Generasi Unggul di Provinsi Seribu Pulau ini, dan yang paling Penting lagi adalah Ketersediaan Sarana dan Prasarana Sekolah yang memadai sehingga mampu menjawab Visi dan Misi Gubernur saat ini," ungkap Sangadji.

Oleh sebab itu, Dirinya akan terus berusaha mencari berbagai Sumber Pendanaan baik dari Dalam maupun Luar Negeri agar dapat menutupi Kekurangan Pada Sarana dan Prasarana Sekolah yang ada di Maluku karena jika hanya mengharapkan DAK maka Tiap Tahun yang kita dapat hanya berkisar 100-200 Milyar, padahal untuk Survive Lima Tahun atau Sepuluh Tahun Kedepan maka Dana untuk membangun Dunia Pendidikan Maluku harusnya 1-2 Triliun Per Tahun.

Saat ditanya kapan Asessmen Kompetensi Minimum akan dilaksanakan. Insun Sangadji secara gamblang menguraikan bahwa, sejatinya AKM sudah harus dilaksanakan pada Bulan April 2021, akan tetapi Negara/Kemendikbud Belum Siap sehingga AKM direncanakan akan digelar pada Bulan September 2021, dan perlu diingat bahwa penunjukan Siswa yang akan mengikuti AKM adalah kewenangan Pihak Kemendikbud dan itu dilakukan lewat seleksi ketat berupa daftar Nilai yang ada pada Data Pokok Pendidikan yang dinilai secara periodik sehingga setiap sekolah kuotanya berbeda.

"Pada AKM mendatang hanya Dua Hal yang diuji yakni Literasi dan Numerasi sehingga Program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Mendikbud dapat diwujudkan lewat Assesmen Kompetensi Minimum yang akan segera dimulai pada Tahun ini," tutup Sangadji. (MCS)

Tual 2033918785316136003

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC