Loading...

Kedatangan Penumpang Kapal di Pelabuhan Ina Marina Tanpa Pemeriksaan

Penumpang KM. Cantika Lestari 99B
MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Antisipasi Pencegahan Penanganan Penyebaran Wabah Covid-19 di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) belum maksimal.

Ini terlihat dari kurangnya pengawasan Tim Gugus Penanganan Covid-19 Maluku Tengah di pelabuhan penyeberangan Ina Marina Kota Masohi yang merupakan salah satu pintu masuk ke Maluku Tengah.

Pantauan media ini saat KM. Cantika Lestari 99B tiba dari pelabuhan Tulehu, Maluku Tengah, sejumlah anggota Koramil Masohi yang bertugas kewalahan menangani, mendata puluhan penumpang yang baru berasal dari daerah pandemi Covid-19, Pekan kemarin.

"Seharusnya ada Tim Gugus pencegahan Covid-19 yang harus stanby sebelum kapal masuk dari pelabuhan Tulehu, Salahutu, Maluku Tengah untuk pemeriksaan. Tadi Kami kewalahan sehingga hanya mendata penumpang sesuai KTP masing-masing," ungkap salah satu anggota Koramil yang bertugas.

Dari hasil konfirmasi dengan para penumpang, sebagian di ketahui tidak sempat melakukan pemeriksaan di pelabuhan Tulehu dengan alasan terlambat menaiki kapal. Sehingga lolos dari pemeriksaan.

"Tadi saat Kami tanyakan, ada beberapa penumpang dari luar Maluku ini tidak melalui pemeriksaan dengan alasan tergesa-gesa karena kapal hendak berangkat. Karena kondisi hujan dan sudah malam, Kami hanya mendata mereka sesuai KTP masing-masing. Puluhan penumpang tersebut ada yang hendak ke Kobi, seram selatan dan sebagian di Kota Masohi," kata petugas.

Selain pengambilan data masing-masing penumpang, para penumpang diarahkan untuk kemudian melapor ke kelurahan maupun desa setempat untuk dilakukan pengawasan lanjutan.

Tak hanya anggota Koramil yang bertugas di Pelabuhan penyeberangan Ina Marina, Kota Masohi, staf Kecamatan Kota Masohi juga turut mendata manifes penumpang terkhusus dari daerah pandemi Covid-19.

Selain tanpa melalui pemeriksaan kesehatan, terlihat sejumlah petugas juga tidak dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) masker.

Hal ini menunjukan belum adanya keseriusan pemerintah setempat dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang mematikan itu di Kabupaten yang berjuluk Pamahanunusa itu.

Pemerintah melalaui Tim Gugus Percepatan Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Maluku Tengah seharusnya lebih intens dalam melakukan pengawasan serta kontrol lapangan.

Sehingga tidak menimbulkan keresahan di masyarakat akan tugas dan fungsi pengawasan dari pemerintah. Sehingga kedepan, penyebaran wabah corona virus atau Covid-19 dapat di minimalisir. (MCJ)
Malteng 3416526672715773529

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item