Loading...

Bupati Malteng Membuka Secara Langsung Musrenbang Online RKPD

Pembukaan Musrenbang Online RKPD Kab. Malteng
MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Online RKPD Kabupaten Maluku tengah (Malteng) tahun 2021, di buka secara langsung Oleh Bupati Maluku tengah Hi. Tuasikal Abua,SH Senin (06/04/2020), yang bertempat di Gedung Baeleo Ir. Soekarno, Pandopo Bupati Malteng.

Tuasikal Abua, Bupati Maluku tengah dalam sambutannya mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, karena sangat penting dalam rangka mengkoordinir kepentingan masyarakat sekaligus sebagai wadah partisipasi untuk menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan yang aspiratif, transparan dan akuntabel.

"Olehnya itu, Pelaksanaan Musrenbang ini dilaksanakan secara terbuka dan melibatkan seluruh pihak terkait, tetapi karena mengingat situwasi dan kondisi Negara ini mengalami Bencana non alam yakni wabah Pendemi Covid-19 di Indonesia sehingga pelaksanaan Musrenbang kali ini sangat berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya yakni memanfaatkan media online sebagaimana himbauan Pemerintah pusat untuk physical distancing dan bekerja dari rumah," ungkapnya.

Tuasikal, mengingatkan bahwa sejalan dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2014 tentang Sistem Rerencanaan Pembangunan Nasional, yang mengamanatkan bahwa perencanaan pembangunan daerah adalah satu kesatuan dalam sistem perencanan nasional dengan tujuan untuk menjamin adanya keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian, dan evaluasi.

Dengan demikian Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten sangat penting untuk merampung berbagai masukan dan usulan dari Stakeholders dalam rangka penajaman, penyelarasan dan penyempurnaan kerangka regulasi dan anggaran yang akan di tuangkan dalam RKPD Kabupaten Maluku Tengah tahun anggaran 2021, untuk setanjutnya akan digunakan sebagai bahan penyusunan RAPBD Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2021.

Terkait dengan itu maka adanya kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten saat ini, sebagai forum musyawarah lanjutan antara Pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan Negeri bahkan seluruh stakeholders dan pemangku kepentingan terkait untuk menyamakan persepsi bersama dalam hal perencanaan pembangunan yang akan di tuangkan dalam berbagai program prioritas pembangunan Daerah dan di integrasikan dengan prioritas pembangunan Daerah demi terwujudnya Visi Misi Bupati Maluku Tengah dan Wakil Bupati Maluku Tengah Tahun 2017-2022, yakni "Mewujudkan Maluku Tengah Yang Lebih Maju, Sejahtra dan Berkeadilan Dalam Semangat Hidup Orang Basudara".

Olehnya itu, perlu menjadi perhatian kita bersama dalam menyikapi kondisi saat ini dan perkiraan tahun 2021, maka marilah kita membuka dan mencermati beberapa isu strategis dan permasalahan yang dapat di jadikan dasar dalam penentuan program dan kegiatan, antara lain yaitu: masalah penanggulangan kemiskinan, peningkatan pelayanan publik terutama di sektor pendidikan dan kesehatan, peningkatan daya saing daerah, dan yang paling penting menjadi fokus kita bersama saat ini adalah percepatan penurunan prevelansi stunting dan gizi buruk, serta percepatan penanggulangan wabah Virus Covid-19.

"Terkait dengan itu, diharapkan berbagai program pembangunan yang diusulkan nantinya betul-betul dilakukan untuk menyentuh masyarakat dari semua lapisan dan segala lini, serta tetap harus dilakukan dengan berpedoman pada aturan perundang-undangan yang berlaku, transparan dan akuntabel, sehingga nantinya bisa memberikan manfaat besar kepada masyarakat di daerah ini.," ujarnya.

Saya meyakini kita semua yang mengikuti kegiatan ini memeliki pemikiran, semangat dan komitmen yang sama untuk memberikan yang terbaik bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta peningkatan pemberdayaan masyarakat di daerah ini.

Oleh karena itu, saya berharap melalui Musrenbang RKPD ini senantiasa menjadi landasan yang penting dan strategis bagi terbentuknya persamaan presepsi. Selain itu pula, saudara-saudara diharapkan terus bekerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, serius, penuh dedikasi, disiplin, dan profesional dalam memberikan pelayanan terbaik untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kabupaten Maluku Tengah yang kita cintai ini.

"Melalui kesempatan ini pula, saya ingin menghimbau kepada kita semua, dalam menyikapi penyebaran pandemi Virus Corona di Indonesia secara khusus Provinsi Maluku, maka saya berharap agar kita semua tetap mangawasi diri dengan selalu memelihara dan meningkatkan kesehatan tubuh melalui perilaku hidup bersih dan sehat, olahraga teratur, menerapkan langkah pencegahan dan penyebaran Virus Corona sebagaimana telah dihimbau oleh Pemerintah, serta selalu berdoa dan berikhtiar memohon perlindungan dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa bagi Bangsa dan Negara secara khusus Kabupaten Matuku Tengah yang kita cintai," tutupnya. (MCJ)
Malteng 3876707570947024168

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC