Loading...

Tuasikal Buka Rapat Forum OPD BPKAD Malteng

Bupati Maluku Tengah, Hi. Tuasikal Abua, SH
MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Pembukaan Rapat Forum OPD Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Maluku tengah (Malteng), di buka langsung oleh Bupati Malukutengah Hi. Tuasikal Abua,SH.

"Rapat ini menjadi momentum yang sangat penting dan Sangat diperlukan oleh seluruh jajaran Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Maluku Tengah sebagai forum untuk menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dalam optimalisasi kinerja pengelolaan keuangan dan aset untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel demi upaya peningkatan kesejahteraan," ungkap Bupati Malteng, Jumat (06/03/2020).

Tuasikal, menambahkan bahwa sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pengelolaan keuangan daerah telah diatur oleh Pemerintah dengan telah menerbitkan aturan baru tentang cara pengelolaan keuangan di daerah yang tertuang dalam PP No. 12 Tahun 2019, di mana terselenggaranya tata kelola pemerintahan dimulai dari pengelolaan keuangan yang baik dari proses perencanaan, penggunaan dan penangung jawaban dapat dikelola secara ekonomis, efektif dan efisien serta berdasarkan prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas.

Pangelolaan keuangan daerah yang di formulasikan dalam bentuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) menerangkan kemampuan keuangan daerah serta menjadi parameter kinerja pemerintahan. Dimana setiap nilai yang ditetapkan dalam dokumen anggaran memiliki pertanggung jawaban terkait dengan kepentingan hajat hidup rakyat banyak. Oleh karena itu, agar tidak terjadi distorsi dalam pengelolaan keuangan dan aset daerah, maka penerapan prinsip good govermance merupakan sebuah keharusan.

Dengan demikian, perencanaan anggaran dalam pengelolaan keuangan daerah sangat penting sebagai acuan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan daerah agar tercipta pembangunan yang berkembang dan maju, serta dalam pelaksanaannya pemerintah daerah dapat tepat sasaran sesuai dengan perencanaan anggaran yang sudah di buat sebelumnya.

Untuk menjawab berbagai hal tersebut, maka melalui Forum OPD Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Maluku Tengah ini, saya mengharapkan agar dapat menghasilkan pokok-pokok pikiran yang dapat dijadikan dasar bagi peningkatan pengelolaan keuangan dan aset daerah di Kabupaten Maluku Tengah yang semakin baik, sehingga dapat mendukung proses penentuan dan arah kebijakan Pemerintah daerah. Hal ini perna saya ingatkan karena masyarakat kita saat ini sudah pandai dan kritis terhadap pemerintah.

Selain itu pula, perlunya dibuat perencanaan strategis, baik yang sifatnya jangka pendek, menengah maupun jangka panjang mengenai pengelolaan aset daerah serta perlunya ditetapkan indikator kinerja pengelolaan kekayaan daerah. Indikator kinerja ini sangat penting untuk menilai kinerja pemerintah daerah dalam hal mengelola kekayaan daerah serta memberi petunjuk bagi pemerintah daerah untuk bertindak agar terhindar dari ekses negatif.

Dengan demikian, Rapat Forum OPD ini harus mampu merefleksikan dengan cerdas capaian seluruh program dan kegiatan yang telah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan oleh seluruh jajaran Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah yang terkait kinerja dan pelayanan publik serta harus mampu menghasilkan rencana kerja yang terstruktur, serta memunculkan program-program inovatif demi pengembangan pembangunan dan pelayanan publik di daerah ini sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Untuk mewujudkan itu semua maka saya berharap agar kita semua selalu bekerjasama dan bergandeng tangan, bahu membahu, selalu hidup berdampingan rukun dan damai, saling menghargai dan menghormati dalam harmoni kebhinekaan, serta merawat kebersamaan dan kekompakan untuk terus berpartisipasi membangun dan menata kehidupan masyarakat yang makin maju dan sejahtera serta selalu melayani masyarakat dengan tulus dan penuh keiklasan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan kepada kita demi terwujudkan Maluku tngah yang Lebih Maju, Sejahtra dan Berkeadilan dalam Semangat Hidup Orang Basudara.

"Melalui kesempatan ini pula, saya patut memberikan apresiasi atas kinerja dan kerja keras Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah dimana hasil pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) selama kurun waktu beberapa tahun terakhir menunjukkan opini LKPD semakin membaik, meskipun masih ada beberapa permasalahan dan rekomendasi tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK RI yang harus diselesaikan. Terkait dengan itu saya tetap berharap agar kedepannya dalam rangka mempertahankan pencapaian opini WTP tersebut, maka seluruh pihak terkait harus selalu aktif dan berperan serta dalam pengelolaan keuangan daerah," tutupnya. (MCJ)
Malteng 6166471847179924691

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC