Loading...

Tiga Pimpinan DPRD Malteng Masa Bakti 2019-2024 Dilantik

MASOHI, Malukuchannel.com - Pengambilan Sumpah dan Pelantik Tiga Pimpinan DPRD Kabupaten Maluku tengah (Malteng) masa bakti 2019-2024. Pengambilan sumpah dan pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Masohi Agus Ardiyanto, SH, MH. Selasa, (05/11/2019). Yang bertempat di Gedung Paripurna DPRD Maluku tengah.

Para pimpinan DPRD Malteng yang dilantik yakni. Sebagai Ketua DPRD Malteng. Fatzah Tuankotta dari Partai Nasdem, Wakil Ketua I. Demianus Hattu dari Partai PDIP, dan Wakil Ketua II. Herry Men Carl Haurissa dari Partai Gerindra. berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Maluku Nomor 271 tahun 2019 tentang pengucapan sumpah janji Pimpinan DPRD Kabupaten Maluku Tengah masa bakti tahun 2019-2024.

Pengambilan sumpah dan pelantikan tiga Pimpinan DPRD Malteng ini di hadiri oleh Bupati Malteng Tuasikal Abua,SH, Forkopimda Malteng, Pimpinan OPD dilingkup pemda Malteng, Pimpinan KPU dan Bawaslu, Pimpinan Partai Politik, Ormas, dan BUMN-BUMD.

Pada kesempatan ini pula, Bupati Maluku Tengah. Hi. Tuasikal Abua,SH mengatakan bahwa rapat paripurna dengan agenda pengucapan sumpah dan janji pimpinan DPRD malteng merupakan salah satu agenda konstitusional dalam proses dan dinamika politik, hal ini telah di amanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, khususnya pada Pasal 164 yang mengatur tentang Pimpinan DPRD Kabupaten Kota.

"Ada pun pembagian kekuasaan pada struktur Pemerintahan adalah sebuah keniscayaan dalam rangka menjaga dan menjamin tegaknya kekuasaan di tangan rakyat, sebagaimana halnya di jajaran Eksekutif, maka pada jajaran Legislatif juga harus mengalami rotasi dan peralihan Kepemimpinan sesuai dengan kehendak rakyat sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945 pasal 1 ayat (2) yang menegaskan bahwa "Kedaulatan ada di tangan Rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar" karena rakyat yang berdaulat," jelasnya.

Tuasikal, menambahkan bahwa peralihan kepemimpinan ini mesti dimaknai sebagai sesuatu yang biasa dan harus terjadi. Adanya sebuah perubahan menunjukkan bahwa, dinamika hidup masyarakat kita terus berkembang. dan itu sesuatu yang positif, suka ataukah tidak sesungguhnya kekuatan sistem pemerintahan demokrasi terletak pada "Peralihan Kepemimpinan" yang berhubungan dengan menguatnya aspirasi dan kehendak rakyat sebagai subyek demokrasi termasuk di bumi Pamahanunusa.

"Kemitraan, pimpinan dan anggota DPRD Malteng harus terus berupaya mewujudkan pemerintahan yang bersih, berwibawa, dan kuat, serta membutuhkan Pemerintahan yang dapat dipercaya dan didukung oleh segenap warganya. Sebuah pemerintahan yang lembaga eksekutif dan lembaga legislatifnya berjalan beriringan dalam sebuah harmoni bekerja dan bermitra maka di pastikan akan terjadi perubahan dan kemajuan yang pesat bagi daerah dan masyarakatnya termasuk di kabupaten Maluku Tengah," harapnya. (MCJ)
Malteng 4455868137417326335

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC