Loading...

Pengungsi Gempa Kairatu Mulai Terserang Diare

Foto: Pengungsi Gempa Kairatu
KAIRATU, Malukuchannel.com - Sejak gempa bumi 6,8 skala richter yang melanda Kota Ambon, Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) terjadi pada tanggal (26/09/2019), banyak sekali orang yang mengungsi ke tempat yang lebih tinggi untuk menyelamatkan diri karena kekwatiran akan terjadinya Tsunami.

Hasil pantauan Media ini pada rabu (16/10/2019) di tempat pengungsian dusun waisari Negeri Kairatu Kabupaten SBB , terlihat banyak sekali masyarakat yang menempati tenda tenda di tempat pengungsian.

Dari 2400 kk/10 ribu lebih jiwa masyarakat Negeri Kairatu yang mengungsi di Dusun waisari dan sekitarnya terdapat 458 kk/ 1674 jiwa yang menempati tenda tenda pengungsian.

Dari pantaun di lokasi pengungsian, terlihat banyak tenda yang tidak layak untuk di tempatkan , dan rawan terhadap masalah kesehatan yang akan terjadi pada pengungsi.

Kepada wartawan di Posko Kesehatan Dusun waisari Negeri Kairatu rabu (16/10/2019) salah satu Tim Medis, ibu Sarlota Koedoeboen katakan, kami disini bertugas 24 jam, mulai dari tanggal 27 september 2019 ,sebelum ada posko kesehatan ini di buat ,dan ada dua orang tenaga medis, saya dan teman saya ,ibu Lona Kailuhu dan Kami berdua bergantian, tetapi apabila ada yang sakit kami berdua yang menangani bersama.

Ia juga katakan, kami tinggal sama sama disini dengan masyarakat yang lagi mengungsi, kami juga turut mengungsi karena takut terjadi tsunami.

Lanjutnya, ada tiga orang yang sudah terkenal DIARE,masing masing: Elsye Kohati 12 tahun, Aldy Teterisa 12 tahun dan Reva Sohaly 2,8 tahun.tapi Mereka kami sudah tangani dengan baik.

"Dengan adanya kejadian ini kami langsung EDUKASI dan kasih pindah di Rumah, karena menghindar jangan sampai tertular kepada yang lain," paparnya.

Ia juga katakan, di lokasi ini tidak ada WC untuk para pengungsi, mereka buang air besar di sekitar hutan sini, ini sangat bahaya dan dampaknya pengungsi terkenal penyakit,seperti diare dan penyakit lainnya seperti yang sementara di alami oleh ketiga anak itu. (TM/MC)
Seram Bagian Barat 927059535728528783

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC