Loading...

Jelang Pilkades, Walikota Tual Gandeng Raja Gelar Safari Adat di Tayando

Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag, M.Si
TUAL, Malukuchannel.com - Walikota Tual Adam Rahayaan dan Wakil Walikota Tual Usman Tamnge dalam menggandeng para Raja di Kota Tual menggelar safari adat di Desa Tayando guna menghadapi Pemilihan Kepada Desa (Pilkades) di Kota Tual Tahun 2020 nantinya.

Walikota Tual Adam Rahayaan dalam kesempatan tersebut menyatakan, Safari Adat ini sebelumnya sudah di beberapa Desa Kecamatan Dullah Utara dengan tujuan untuk menghadapi Pilkades di Kota Tual.

"Kami melakukan ini untuk sedikit memberikan pemahaman dari Desa ke desa sebelum kita masuk pada tahapan Pilkades, dan ini penting karena Pilkades ini potensi konflik sangat besar sehingga kita ambil langkah ini agar diberikan bimbingan atau kesadaran hukum kepada masyarakat," ungkap Walikota Adam Rahayaan di Tual, Selasa (22/10/2019).

Lebih lanjut kata dia, DPRD Kota Tual saat sementara merevisi beberapa poin rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang mekanisme tata cara Pemilihan Kepala Desa yang nantinya.

Salah satu poin dalam rancangan Perda tersebut, Raja akan memberikan rekomendasi kepada masyarakat yang memilik hak adat untuk mencalonkan diri sebagai Kepala Desa atau Kepala Ohoi tersebut.

"Saat ini DPRD sementara konsultasi dengan Biro Hukum Pemrov Maluku tentang rancang perda adat tentang pemilihan kepala desa," jelasnya.

Safari Adat
Tujuan safari adat di beberapa desar termasuk Desa Tayando Yamtel Kecamatan Tayando Tams pada Senin (21/10/2019) kemarin, kata Wali Kota, sebagai bentuk melestarikan kembali wibawa para raja, dan kedepan para raja kembali diberikan peran sesuai hukum adat di Kota Tual.

Wakil Walikota Tual Usman Tamnge mengajak masyarakat untuk melupakan perbedaan politik pilkada Kota Tual Tahun 2018, dan meminta masyarakat untuk membantu pemerintah daerah dalam pembangunan kemajuan daerah ini agar terciptanya kesejahteraan.

"Pilkada sudah selesai, mari kita satukan hati membangun daerah ini, dan terutama masyarakat Tayando," katanya.

Dia menambahkan, apabilah masyarakat menerima isu dari luar diharapkan agar menyaring dulu isi dari isu tersebut dan jangan dengan mudah termakan dengan isu- isu tersebut.

"Kalau menerima isu jangan terpancing, tapi cek kepastian isu tersebut agar jangan terpancing sehingga merusak hubungan kekeluargaan kita yang sudah tertanamkan sejak leluhur kita," tambahnya.

Wakil Walikota Tual Usman Tamnge, meminta kepada masyarakat Tayando agar mengdepankan rasa kekeluargaan dalam menghadapi pilkades nanti.

Turut hadir dalam safari Adat di Desa Tayando Yamtel antara lain, Walikota Tual Adam Rahayaan, Wakil Walikota Tual Usman Tamnge, Rat Yarbadan Sodri Renhoran,Rat Baldu Hadat , Bayan Renuat, Kapiten Dullah, Mohammad Saleh Rengur, Kapolsek Tayando Tam. Ipda Amay Kamaludin dan Danramil Kodim Persiapan Kota tual.Kapten Czi Arifin serta unsur OPD dan Staf Ahli Hi Abdullah Notanubun. (MCS)
Tual 1896672223461690500

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC