Loading...

FGD Dalam Rangka Mensinergikan Pembahasan Data Malteng Dalam Angka Tahun 2019

Bupati Maluku Tengah, Hi. Tuasikal Abua,SH
MASOHI, Malukuchannel.com - Focus Group Discusion (FGD) sebagai wadah komunikasi antar seluruh Instansi terkait dan para Pemangku Kepentingan di daerah ini dalam rangka mensinergikan pembahasan data Maluku Tengah Dalam Angka Tahun 2019, juga sebagai langkah awal untuk menghasilkan publikasi yang berkualitas sebagai dasar perencanaan pembangunan daerah yang tepat sasaran, Kamis (08/08/2019) yang bertempat di lantai Tiga Bappidbangda Malteng.

Bupati Maluku tengah (Malteng) Hi. Tuasikal Abua, SH membuka secara langsung Focus Group Discusion Maluku Tengah Dalam Angka Tahun 2019, dan dalam sambutannya menegaskan bahwa sesuai dengan amanat Undang-Undang No: 25 Tahun 2014 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional Pasal 31 yang menjelaskan bahwa, perencanaan pembangunan didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat di pertanggung jawabkan, Publikasi data dalam angka merupakan referensi bagi Pemerintah Daerah dalam membuat perencanaan pembangunan.

"Sebaik apapun perencanaan kita, tetapi kalau tidak didukung dengan Data yang jelas dan akurat, maka bisa dipastikan bahwa hasil pembangunan yang dicapai tidak akan optimal. Demikian pula, sebagus apapun sumber data dan informasi yang kita miliki, tetapi apabila model perencanaan tidak baik, maka hasil pembangunan dipastikan tidak akan optimal. Oleh karena itu, Perencanaan yang baik tentu harus didukung oleh data dan Informasi yang Falid dan akurat," ungkapnya.

Tuasikal, menambahkan bahwa untuk menjawab berbagai kebutuhan dan permasalahan daerah ini maka tentunya kita memerlukan data yang berkualitas, akurat, lengkap, relevan, berkesinambungan dan terkini yang bersumber dari berbagai OPD atau instansi. Dengan demikian melalui forum inilah kita dapat bertukar gagasan, pengetahuan, dan pendapat dalam menghasilkan dari sektoral yang berkualitas tinggi.

Sesi Foto Bersama
Selain itu pula, melalui FGD Ini sebagianya dapat dimanfaatkan oleh kita semua untuk mendiskusikan berbagai permasalahan pengumpulan data, serta meningkatkan koordinasi dengan OPD atau Instarsi terkait sehingga kedepannya pengumpulan data sektoral dari OPD atau Instansi dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan data yang akurat dan terpercaya," jelasnya.

Tuasikal, berharap kepada pengelola data di sejumlah OPD terkait, untuk dapat memberikan data yang benar-benar akurat dan dapat dijamin kebenarannya kepada Badan Pusat Statistik (BPS), sehingga para perencana dan pengambil kebijakan dapat memanfaatkan publikasi BPS tersebut sebagai rujukan.

Saya yakin dengan komitmen, kesediaan, partisipasi dan dukungan serta kerja keras dan kerja sama dari kita semua yang ada di daerah ini maka publikasi Kabupaten Maluku Tengah dalam angka Tahun 2019 akan dapat dilaksanakan dengan baik, Sehingga upaya kita untuk memenuhi capaian program terobosan "Maluku Tengah Satu Data" sebagai bagian perwujudan dari Satu Data Indonesia di tingkat Kabupaten, dapat tercapai sebagaimana yang kita harapkan bersama.

"Dalam periode kepemimpinan kedua di Maluku Tengah 2017-2022. Tuasikal mengingatkan bahwa Saya dan Pak Wakil telah menetapkan tiga fokus Inovasi Maluku Tengah yaitu Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik, Penanggulangan Kemiskinan dan Daya Saing Daerah, yang selanjutnya di jabarkan dalam berbagai strategi, kebijakan dan kegiatan Inovasi.

Maluku Tengah Satu Data adalah sebuah inisiatif pemerintah Kabupaten untuk mendorong pengambilan kebijakan berdasarkan data. Dengan demikian, pemanfaatan data pemerintah tidak hanya terbatas pada penggunaan secara internal antar instansi, tetapi juga sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan data publik bagi masyarakat Permasalahan data yang juga dihadapi di semua daerah, meliputih:

"Perbedaan data sektoral, Ketiadaan data indikator pembangunan dan kurangnya pembaharuan data, serta kesalahan perhitungan data.

Maluku Tengah Satu Data terdiri dari kegiatan Arsip digital, Maluku Tengah Satu Data Perencanaan dan Sestem Informasi Sarana dan Prasarana," tutupnya (MCJ)
Malteng 3794932226488453127

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC