Loading...

Gelar Festival Pattimura, Disparpora Malteng Angkat Kearifan Lokal


SAPARUA, Malukuchannel.com - Guna mengangkat kearifan lokal, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Maluku Tengah, melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) menggelar lomba perahu semang di Kecamatan Saparua, Maluku Tengah. Kegiatan ini dirangkai dalam Festival Pattimura untuk meriahkan peringatan Hari Pattimura Ke-202 tahun yang jatuh pada 15 Mei 2019.

Festival Pattimura merupakan agenda rutin Pemda kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dalam memeriahkan peringatan Hari Pattimura yang digelar setiap tahunnya. Kegiatan tersebut dipusatkan di kawasan Benteng Duurstede, Senin (13/05/2019).


"Tujuan utama pelaksanaan Festival Pattimura ini, untuk memperkenalkan destinasi pariwisata yang ada di Saparua sebagai salah satu destinasi populer di Maluku, Baik dari wisata alam hingga sejarahnya. Dengan harapan dapat meningkatkan tujuan wisatawan. Baik lokal maupun mancanegara," ungkap Plt Kadis Parpora Malteng, J.R Wattimena.

Sementara itu, Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu L. Leleury,SE yang ditemui disela-sela kegiatan mengingatkan, kearifan lokal masyarakat di daerah ini perlu dipertahankan serta dibudayakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, berbagai bentuk kerajinan masyarakat juga harus terus dijaga dan dilestarikan. Sehingga tidak hilang di era modern seperti saat ini.


"Selain tari-tarian, hal terkecil dari sifat kearifan lokal yang hampir terlupakan ialah sapaan seperti, ua, wate, itu yang perlu dilestarikan sebagai kearifan lokal masyrakat. Hal lainnya seperti kerajinan tangan yang harus terus dijaga dan dipertahankan," ingat Leleury.

Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah terus mengembangkan serta mempromosikan sejumlah spot destinasi wisata yang ada di wilayah Maluku Tengah. Dengan harapan mampu meningkatkan perekonomian, memberdayakan serta mensejahterakan masyarakat. (MCJ)
Malteng 5364675099612019206

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC