Loading...

Pengabdian Masyarakat Mahasiswa KKN STIKes Maluku Husada Bekerjasama Dengan Lantamal IX Ambon, IBI Ranting Baguala di Negeri Rutah

Baksos Kesehatan
MASOHI, Malukuchannel.com - Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN STIKes Maluku Husada bekerjasama dengan Lantarnal IX Ambon, IBI Ranting Baguala dan Batara Maluku dengan tema: "Pemberdayaan Kawasan Masyarakat Pesisir melalui Peran Aktif Mahasiswa Berbasis Pendidikan Kesehatan" Sabtu, (06/04/2019) yang bertempat di depan Kantor Pemerintahan Negeri Rutah, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku tengah.

"Berbagai kegiatan Kesehatan yang di adakan oleh Mahasiswa STIKes Maluku Husada antara lain, Pengobatan gratis, sunatan masal dan juaga pembuatan jalan sehat di pelataran Masjid Nurahmad Negeri Rutah.

Sementara itu, Bupati Maluku tengah Hi. Tuasikal Abua,SH dalam sambutannya yang di bacakan oleh, Asisten I Sekda Maluku Tengah. Willem Istia, bahwa atas nama Pemerintah Daerah, saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh Mahasiswa KKN dan pihak Lantamal IX Ambon, serta IBI Ranting Baguala di Kabupaten Maluku Tengah.

"Saya sungguh mengapresiasi kegiatan ini, karena out-put nya memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah, khususnya bagi masyarakat yang berada di Negerl Rutah ini," ungkapnya.

Tuasikal, Menambahkan bahwa sebagaimana diketahui, kesehatan merupakan hak dan sekaligus kewajiban bagi setiap orang. Kesehatan juga menjadi kebutuhan dasar yang penting bagi setiap insan di muka bumi ini. Untuk itu, Pemerintah Daerah telah menetapkan bidang kesehatan sebagai salah satu prioritas pembangunan daerah, yang menekankan bahwa kesehatan individu merupakan modal awal bagi terwujudnya derajat kesehatan masyarakat secara global.

Rakyat yang sehat akan memberikan sumbangan yang nyata dalam menekan daya saing daerah, bangsa dan Negara. Olehnya itu pemerintah daerah telah berkomitmen memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan secara meratah, berkualitas dan memadai," yakinnya.

Tuasikal, mengharapkan agar kegiatan pengabdian masyarakat di saat ini, dapat meringankan beban masyarakat yang ada di wilayah ini, kususnya bagi para orang tua yang anaknya mengikuti sunatan massal maupun pengecekan kesehatan, seperti tes kolestrol, gula darah, pemeriksaan gigi, pemeriksaan penyakit dalam dan masalah-masalah kebidanan.

"Untuk kepentingan itu, saya menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat agar dapat memanfaatkan kesempatan ini secara baik serta mengkonsultasikan berbagai macam keluhan kesehatan, sehingga dapat diperoleh tindakan semi pengobatan medis dari tenaga-tenaga medis yang handal dan profesional," jelasnya.

Tuasikal, dalam himbawannya kepada masyarakat yang ada di Negeri Rutah dan masyarakat Maluku Tengah pada umumnya agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, memperbaiki saluran-saluran pembuangan air yang rusak, serta menata lingkungan agar selalu bersih, rapi, nyaman, dan hijau karena kebersihan adalah sebagian dari iman dan merupakan pangkal kesehatan, semakin bersih lingkungan, semakin sehat juga masyarakatnya," tutupnya. (MCJ)
Malteng 9110264398736325072

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC