Loading...

Bus Bantuan Kemenhub Dukung Pesparani Katolik Nasional I Dioperasikan

Ilustasi
AMBON, Malukuchannel.com - Bus Bantuan Kementerian Perhubugan (Kemenhub) untuk mendukung penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Nasional I di Ambon pada 27 Oktober – 2 November 2018 telah dioperasikan untuk menjemput kontingen.

Kadis Perhubungan Maluku, Frans Papilaya di Ambon, Kamis Kemarin (25/10/2018) membenarkan, Kemenhub membantu 40 unit bus untuk mendukung penyelenggaraan Pesparani Katholik Nasional I di Ambon.

"32 Bus tiba di pelabuhan Yos Sudarso Ambon pada Rabu Kemarin (24/10/2018) karena keterbatasan daya angkut kapal sehingga delapan lainnya memanfaatkan bus lokal,” ujarnya.

Dia mengakui Menhub, Budi Karya Sumadi merestui bantuan 40 unit bus dalam rangka memperlancar transportasi penyelenggaraan Pesparani.

"Bus tersebut nantinya mengangkut para peserta, baik saat tiba, dari maupun ke tempat penginapan, lokasi latihan dan lomba," ujar Frans.

Dia mengemukakan, bantuan bus tersebut juga diharapkan mengantisipasi kemacetan aktivitas lalu lintas sehubungan daya dukung jalan di Kota Ambon yang kurang mampu menampung kendaraan bermotor.

"Saya yang dipercayakan sebagai Ketua Bidang Transportasi Pesparani Katolik Nasional I bersama rekan – rekan telah mempersiapkan 205 unit bus lainnya untuk melayani tamu maupun peserta,” kata Frans.

Sementara itu Wakil Gubernut Maluku Zeth Sahuburua yang juga Ketua Umum Panitia Daerah Pesparani Nasional Katholik Nasional I, mengapresiasi bantuan Kemenhub yang saat penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-24 di Ambon pada 19 Juni 2012 maupun Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XI di Ambon pada 6 – 12 Oktober 2015 juga membantu bus.

"Saya ingat penyelenggaraan Pesparawi Nasional yang kebetulan juga dipercayakan sebagai Ketua Umum panitia penyelenggaraan dibantu 35 unit bus oleh Menhub saat itu, Ignasius Jonan dengan para supir, BBM dan lain -lain hingga usai event tersebut,” ujarnya.

Zeth mengharapkan, 32 bus itu nantinya diberikan kepada Pemprov Maluku dan 11 Pemkab/Pemkot karena strategis dalam mendukung kelancaran berbagai event berskala nasional.

"Menhub Budi kiranya merestuinya karena memang dibutuhkan Pemprov Maluku dan 11 Pemkab/Pemkot saat melayani para tamu maupun peserta berbagai even berskala nasional,” katanya.

Pemprov Maluku melalui APBD 2018 mengalokasikan dana Rp20 miliar, sedangkan pemerintah pusat Rp12,2 miliar untuk penyelenggaraan Pesparani Katholik Nasonal I yang mengundang Presiden, Joko Widodo membukanya.

Pesparani Katholik Nasional I mempertandingkan 12 mata lomba dengan 6.500 peserta.

Tiga bus telah dioperasionalkan untuk menjemput kontingen Bengkulu dan Aceh yang tiba dengan pesawat Batik Air di bandara internasional Pattimura Ambon, pada Kamis pagi.

Kontingen Bengkulu sebanyak 36 orang diangkut dua bus, sedangkan untuk mengangkut barang digunakan satu truk. Sedangkan, kontingen Aceh yang enam orang diangkut satu bus.

Peserta dari dua provinsi asal pulau Sumatera itu tiba di bandara internasional Pattimura dijemput Kadis Perhubungan Maluku, Frans Papilaya dan sejumlah staf karena merupakan tanggung jawab dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut.

Para peserta disuguhi tabuhan totobuang dan tifa, selanjutnya diarak ke tempat penginapan di Mardika untuk kontingen Bengkulu, sedangkan Aceh di Jl.A.M. Sangadji. (MC)
Pesparani 3622901948304963101

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC