Loading...

Bupati Malteng: Musrenbang Merupakan Instrumen Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan

MASOHI, Malukuchannel.com - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) merupakan penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan yang dilaksanakan secara rutin sesuai agenda perencanaan setiap tahun. Kegiatan ini merupakan agenda perencanaan terpadu dan terintegrasi yang merupakan perwujudan dari pendekatan perencanaan pembangunan Partisipatif dan Top Down-Bottom Up untuk menghasilkan program prioritas pembangunan daerah yang akan dijadikan dokumen RKPD.

Musrenbang Penyusunan RKPD Tahun 2018 Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dilaksanakan selama 5 hari dari pembukaan pada hari Jumat 23 s/d 27 februari 2018, yang bertempat di Gedung Mae Oku Kota Masohi Jumat, (23/02/2018) Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua,SH yang di wakili oleh Plt Sekda Malteng, Rakib Sahubawa di tandai dengan pemukulan gong.

Musrenbang RPJMD Kabupaten malteng tahun 2017-2022 dengan Visi: mewujudkan maluku tengah yang lebih maju, sejahtera dan berkeadilan dalam semangat hidup orang basudara dan Tema: Maluku tengah sebagai jendela indonesia timur.

Pada kesempatan ini pula, Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua,SH Dalam sambutannya yang di bacakan oleh Plt Sekda Malteng Rakib Sahubawa, bahwa Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), sejatinya merupakan instrumen untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan , sedangkan RPJMD merupakan pedoman penyusunan rencana pembangunan tahunan daerah, merupakan arah pembangunan daerah dalam waktu Perencanaan 5 tahun kedepan.

"RPJMD Kabupaten Maluku Tengah merupakan Instrumen Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Merupakan penjabaran visi dan misi saya dan pak wakil Bupati Maluku Tengah selama 5 tahun kedepan yang dipertegas dalam wujud strategis, kebijakan, dan program terobosan guna mewujudkan pencapaian target pembangunan daerah," Rincinya

Dikatakan, banyak yang ingin dan telah dilakukan bagi daerah dan masyarakat Maluku Tengah di sisa masa kepemimpinan keduanya. yakni mewujudkan Maluku Tengah yang lebih maju, sejahtera dan berkeadilan dalam semangat hidup orang basudara.

Yakni membangun masyarakat yang lebih sehat, cerdas dan profesional, meningkatkan perekomian masyarakat, meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana wilayah, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, mewujudkan kehidupan mayarakat  yang berakhlak mulia  rukun, harmonis dan berbudaya, serta, memperkuat peran perempuan dan pemuda serta peningkatan prestasi olah raga dan seni," Jabarnya.

Bupati berharap, dalam musrenbang, agenda prioritas dimaksud dapat dijadikan landasan kajian setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Diakui bahwa penyusunan RPJMD tidaklah sulit, namun juga tidak mudah mengingat agenda pelaksanaan musrenbang. Meski demikian, bupati tetap optimis bahwa dokumen perencanaan yang berkualitas dapat disusun karena komitmen yang tinggi dari seluruh perangkat OPD.

"Gunakan indikator yang terukur, mudah dicapai dan dapat dilaksanakan dalam setiap tahun dalam jangka waktu 5 tahun pada perumusan arah kebijakan dan sasaran pokok RPJMD," Pesannya. (MCJ)

Malteng 4399398836729990637

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC