Loading...

Tuasikal Lepas 131 Jamaah Haji Asal Malteng

MASOHI, Malukuchannel.com - Keberangkatan Jamaah Haji Maluku Tengah, di lepas langsung oleh Bupati Maluku tengah Tuasikal Abua,SH Yang bertempat di pelataran Masjid Raya Kota Masohi, Jumat (04/08/2017).

Turut hadir: Wakil Bupati Maluku Tengah, Ibu ketua PKK Maluku Tengah, Ketua MUI, Kepala Kator DEPAG, Kasdim 1502 Masohi, Kapolres Maluku Tengah, AS I, Para kepala SKPD Kabupaten Maluku Tengah, kepala cabang BRI kabupaten Maluku Tengah, Toko Agama dan Toko Masyarakat Kabupaten Maluku Tengah.

Dalam kesempatan ini pula, Tuasikal Abua: mengalungkan Czhal Kepada ke-tiga Ketua Rombongan jamaah Haji Maluku Tengah yang terbagi dalam tiga kelompok dan akan bergabung dengan Jemaah Haji daerah lainya yang ada di Provinsi maluku, yang mana Maluku masuk dalam Kloter-13.

Bupati Maluku Tengah, dalam sambutannya mengatakan terlaksananya pemberangkatan Calon Jamaah Haji sebanyak 131.

Serta pelaksanaan perjalanan menuju panggilan Allah oleh ratusan Calon jamaah, menunjukan perekonomian daerah ini tetap baik dan terus bergerak maju ke arah yang positif, meskipun kadangkala terjadi fulktuasi pertumbuhan ekonomi yang diakibatkan oleh pengaruh kondisi ekonomi nasional dan global,” Ungakpnya

Tuasikal: menambahkan, jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci sesampainya di sana, para jamaah hendaklah mendoakan Kabupaten Berjuluk Pamahanu-Nusa itu, selalu membawa keselamatan dan kesejahteraan. Selain itu harapnya dengan keberangkatan jamaah haji, tentu juga akan membawa kemaslahatan dan kesejahteraan bagi daerah ini.

"Karena saya yakin setiap Calon Jamaah Haji selain mendoakan kebaikan bagi diri sendiri serta keluarga, pasti turut mendoakan masyarakat dan daerah ini agar selalu berada dalam lindungan Allah SWT, diberikan keberkahan,” harap Tuasikal.

Para jamaah yang nantinya bertemu dengan berbagai suku bangsa yang sama-sama melaksanakan ibadah haji, para jamaah Maluku Tengah selalu menunjukan sikap toleransi menghargai perbedaan serta menghormati tradisi yang dimiliki bangsa Iain.

Karena sangat panting untuk Bapak/lbu memaknai kebesaran Allah SWT, yang ditunjukkan melalui berbagai keragaman budaya dan karakter umat seluruh dunia dengan pikiran yang jernih dan hati yang bijak.

Saya yakin, dengan pikiran yang jernih, selalu menjaga sikap yang baik dan santun seperti itu, tentu tidak hanya membenarkan nilai tambah dan amalan bagi setiap calon Jamaah haji dalam beribadah saja, akan tetapi dapat menjadi daya pikat bagi masyarakat di luar Maluku bahkan masyarakat luar negeri untuk berkunjung ke daerah ini, saya juga berharap para jamaah hendaklah menjaga kesehatan agar ibadah haji berjalan lancar.” harapnya.

Kepala Kementrian Agama Kabupaten Maluku Tengah, H.Jafri Kabalmai, Dalam sambutannya mengatakan, bahwa: sementara itu dari 135 Kuota Haji Maluku Tengah hanya 131 yang dapat berangkat ke Tanah Suci, empat diantranya dua meninggal dunia setelah proses pendaftaran, satu tidak dapat berangkat sementara satunya mengundurkan diri karena sedang berduka.

Sementara itu TIM penyelenggara baik secara nasional maupun daerah selalu berkoordinasi lintas sektoral, Tahun ini Kabupaten Maluku Tengah mendapat kuota 135 Jemaah dari tahun Sebelumnya hanya 65 Jemaah.

"Berbagai hal telah dilaksanakan yaitu beberapa kegiatan sebagai bagian tugas penyelenggara seperti pemeriksaan kesehatan awal dan kesahatan kedua oleh TIM Medis bersama Kadis Kesehatan Kabupaten Maluku Tengah dan ada beberpa kendala dimana 1 orang ditunda karena faktor Kesehatan, 2 Meninggal setelah selesai melunasi setoran dan 1 orang mengundurkan diri karena sedang berduka sehingga yang akan diberangkatkan pada hari ini 131 orang Jamaah Haji.

Kabalmai: menjelaskan, Rombongan haji Maluku Tengah terdiri dari 12 Regu dikoordinir 3 orang ketua rombongan dan akan diberangkatkan pada kloter 13 Gelombang 1 pada hari senin 7 Agustus dari Makassar ke Makah, serta pemulangan jamaah Haji tiba di Makassar nantinya jatuh pada tanggal 17 September 2017 s/d 19 September 2017 dan akan tiba di Masohi pada tanggal 20 Sepetember 2017. (Mc-J)
Malteng 7551926183533817415

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC