Loading...

Sultan Tidore: Hubungan Pela-Gandong Di Maluku Sebagai Warisan Leluhur Yang Harus Tetap Dijaga

Saparua, Maluku Channel.com - Peringatan Halal Bil Halal Anak Cucu Negeri Siri Sori Islam 1438 Hijriah/2017 Masehi yang digagas IKASSI Maluku Utara yang dipusatkan di pelataran rumah raja Negeri Siri Sori Islam  berlangsung hikmat dan penuh nuansa kekeluargaan.

Sultan Tidore: Husain Syah menghimbau masyarakat Maluku untuk tidak lupa dan menghilangkan budaya rasa persaudaraan di Maluku seperti hubungan Pela-Gandong sebagai warisan leluhur yang harus tetap dijaga.

"Hubungan para leluhur merupakan warisan yang harus kita jaga. Rasa persaudaraan dan tali silaturahmi antar kampung sudah jadi tanggung jawab kita sebagai anak cucu untuk menjaga dan melestarikannya. Antar basudara salam maupun sarane maupun agama lainnya,"Himbau Sultan yang ditemui usai acara, Rabu malam, (28/6/2017).

Dirinya beharap, melalui peringatan Halal Bil Halal yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Siri Sori Islam Maluku Utara mampu memberikan yang mendalam bagi masyatakat Siri Sori Islam dalam merawat rasa persaudaraan di Saparua dengan baik.

Hal senada disampaikan sesepuh Negeri Siri Sori Islam, H. Rustam Holle yang menuturkan masyarakat Maluku terlebih khusus masyarakat Siri Sori Islam terus memupuk kebersamaan dan saling menghargai satu dengan lain.

"Konflik mengajarkan masyarakat Maluku untuk terjatuh dan belajar berdiri sendiri melalui tahapan kesadaran masyarakat yang menumbuhkan rasa persaudaraan Pela-Gandong diantara masyarakat salam dan sarane begitupun di bumi Saparua ini,"Ujar Holle. (MC-J)
Malteng 8034719007723560569

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC