Loading...

Tuasikal Apresiasi Program APIK USAID Di Kabupaten Malteng

Masohi, Maluku Channel.com - Adaptasi Perubahan Iklim dan Ketangguhan (APIK) adalah program yang di danai oleh USAID (United States Agency International Development) untuk meningkatkan kemampuan Indonesia dalam mengelola resiko perubahan iklim dan bencana alam menguatkan kapasitas Pemerintah dalam mengintegrasikan Adaptasi Perubahan Iklim (API) dan Bencana (PRB). kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, (8/6/2017).

Bertempat di Pandopo Bupati Maluku Tengah dengan Tema "Konsultasi Pablik, Hasil Penilayan Ketangguhan dan Pemanfaatan Layanan Informasi Cuaca dan Iklim Di Kabupaten Maluku Tengah,

Turut hadir Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua SH, Anggota DPRD Kabupaten Malteng Komisi"A", Sekda Kabupaten Malteng, Willy Wijaksono dari USAID, Para Pimpinan SKPD Badan dalam lingkup Pemda Malteng, petinggi TNI-POLRI wilaya Masohi, Pimpinan dan staf PLN Area dan Telkomsel Masohi, LSM, toko agama dan toko masyarakat Kabupaten Maluku Tengah.

"Dalam kesempatan ini pula, Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua dalam sambutannya Mengatakan bahwa Pemda Kabupaten Maluku Tengah melalu berbagai kebijakan dan program terus berupaya membangun ketangguhan terhadap kemungkinan dan kejadian yang terkait dengan dampak perubahan iklim dan resiko bencana yang terjadi di daerah ini.

Sejalan dengan itu, Tuasikal sangat bersyukur atas kehadiran Program APIK USAID di daerah Kabupaten Maluku Tebgah, karena dengan berbagai kegiatan yang dilakukan diharapkan mampu berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan Pemda dalam mengelolah dampak perubahan iklim dan resiko bencana,

Tuasikal, menambahkan Undang-undang No:24 Tahun 2007. tentang penanggulangan Bencana mengamanatkan kepada pemerintah dan pihak terkait untuk selalu siap sedia bertanggung jawab dalam melindungi masyarakat dari ancaman bencana yang terjadi.

"Pelaksanaan koordinasi dan konsultasi benar-benar di jadikan sebagai kebutuhan dalam menyusun suatu rencana aksi dan terasa manfaatnya dalam rangka pertukaran informasi terhadap kajian kerentanan dan resiko perubahan iklim di daerah ini"tandasnya.

Willy Wijaksono, mengatakan bahwa Dalam proses pengambilan keputusan di tingkat Pemerintahan Nasional dan Daerah program ini juga akan langsung bekerja di tingkat masyarakat dan bersama pihak suasta untuk mengelolah resiko dan meningkatkan kapasitas berbagai pihak untuk memahami dan mengkomunikasikan informasi iklim APIK menggunakan pendekatan kesatuan benteng alam (lancdascape) yang menghubungkan berbagai upaya dalam suatu Provinsi/kabupaten/kota agar saling menguatkan. (MC-J)
Malteng 211379647612594540

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC