Loading...

Perhubungan Laut Buat Persiapan Jelang Lebaran

Ambon, Maluku Channel.com - Instruksi Presiden RI No. 3 Tahun 2004 tentang Koordinasi Penyelengaraan Angkutan Laut Lebaran Terpadu, maka jajaran Perhubungan Laut (Hubla) di Ambon Provinsi Maluku melakukan kesiapan penyelenggaraan angkutan laut menjelang Lebaran tahun 2017 (1438 H) di Pelabuhan Ambon.

Persiapan yang dilakukan mulai dari rapat koordinasi untuk pembentukan Posko Lebaran tanggal 31 Mei 2017 lalu. Kesiapan Posko Harian bertempat di Kantor KSOP Kls I Ambon.

Diprediksi jumlah penumpang angkutan laut Lebaran (1438 H) tahun 2017 mengalami kenaikan tujuh persen, karena adanya Cuti bersama PNS dan Swasta dari tanggal 23 sampai 28 Juni 2017 termasuk liburan sekolah, sehingga memungkinkan terjadinya peningkatan penumpang pada waktu yang bersamaan.

Angkutan udara masih kurang saat Peak Season dan fluktuasi harga tiket pesawat terbang cukup tinggi, sehingga pemakai jasa kelas menegah ke bawah lebih condong  menggunakan transportasi laut sebagai alat angkut yang murah dan terjangkau.

Realisasi jumlah penumpang angkutan laut lebaran selama kurun waktu tiga tahun yang lalu rata-rata mengalami peningkatan sebanyak 7.029 orang atau 20,92 persen per tahun.

Pemantauan arus mudik dan arus balik oleh Posko di lapangan dengan menggunakan CCTV serta pelaporan yang dilakukan tiap hari secara Online. Selain peralatan CCTV ada juga fasilitas pendukung lainnya di pelabuhan Ambon seperti; Mobil Patroli, Mobil PMK, Mobil Ambulance, Tenaga Medis (Dokter) kesehatan pelabuhan, termasuk Deteksi Handheld Meta Detector dan Walkthrough Metal Detector.

Selain itu ada Kapal Patroli kelas V tiga unit, kelas IV satu unit dan kelas III satu unit, semuanya dalam keadaan baik dan siap untuk melakukan patroli di perairan Teluk Ambon dan sekitarnya.

Untuk CCTV milik Kantor KSOP Kls I Ambon yang sementara rusak kini diupayakan untuk diperbaiki jika terlambat, maka akan digunakan CCTV milik PT Pelindo Cabang Ambon.

Jumlah armada kapal penumpang yang beroperasi di Pelabuhan Ambon yang siap melayani arus mudik dan arus balik penumpang pada Lebaran tahun 2017 adalah; untuk Pelayaran Nasional tujuh kapal, Pelayaran Regional delapan kapal dan Pelayaran Lokal 14 kapal.

Permasalahan yang dihadapi adalah; terbatasnya seat untuk penjualan tiket, waktu kedatangan kapal PT. PELNI tidak sesuai jadwal, serta kapasitas dan fasilitas terminal penumpang masih sangat terbatas.

Untuk itu perlu ditindaklanjuti dengan penambahan seat untuk kapal penumpang PT. PELNI saat menjelang dan sesudah Lebaran, serta informasi kedatangan kapal harus lebih akurat. (MC-G)
Ambon 9202349797274630804

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC