Loading...

Indikasi Korupsi Dana BOS SDN 7 Suli Mulai Terkuak

Ambon, Maluku Channel.com - Indikasi penyalahgunaan (Korupsi) dana BOS tahun 2013 sampai 2016 termasuk dana Siswa Miskin tahun 2013, yang dilakukan oleh Kepala SD Negeri 7 Suli Ny. Welhemina Lekahena (WL) atas pengakuan mantan dua bendahara yakni Ny. Romina Louhery dan Ny. Fransina Pitris mulai terkuak, membuat Kepsek Ny. WL geram dan mengeluarkan kata-kata kotor kepada beberapa guru dan wartawan yang memberitakan hal ini, Pekan kemarin.

Atas tindakan Kepsek Ny. WL tersebut kini sudah dilaporkan kepada Bupati Maluku Tengah, DPRD maupun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Malteng pada Minggu 4 Juni 2017 di Masohi.

Bupati Malteng Tuasikal Abua, SH telah memerintahkan jajaran Inspektorat Malteng untuk melakukan audit dan pemeriksaan terhadap indikasi penyalahgunaan dana BOS dan dana Siswa Miskin tahun.

Hasil pemeriksaan Inspektorat terbukti bahwa terjadi indikasi korupsi yang dilakukan oleh Kepsek Ny. Welhemina Lekahena puluhan juta rupiah atas penggunaan dana BOS maupun dana siswa miskin pada SDN 7 Suli Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah.

Hasil pemeriksaan tersebut disampaikan ke Bupati dengan asumsi Kepsek Ny. WL diminta untuk mengembalikan uang Negara tersebut dengan ketegasan, apabila uang puluhan juta milik Negara itu tidak dikembalikan maka Bupati Malteng akan merekomendasikan kepada pihak penegak hukum untuk memproses Ny. WL.

Permasalahan ini membuat kini terjadi perpecahan di kalangan guru SDN 7 Suli yaitu ada guru yang memihak kepada Kepsek dan ada guru yang memihak kepada mantan bendahara.

Konsekwensinya adalah mutu pendidikan di SDN 7 Suli semakin memprihatinkan, sehingga dalam tahun ajaran baru 2017-2018 masyarakat dan orang tua murid tidak  berkeinginan untuk mendaftarkan anak-anak di SDN 7 Suli ketika masih di pimpin oleh Ny. Welhemina Lekahena.

Untuk itu Bupati dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Malteng segera mengambil tindakan tegas kepada Kepsek Ny.WL dan kroninya, agar proses pendidikan di SDN 7 Suli dapat berjalan dengan baik. (MC-T)
Malteng 2895906500456033812

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC