Loading...

Wagub: Imbau SKPD Wujudkan Maluku Ramah Investasi

Ambon, Maluku Channel.com - Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua mendorong satuan kerja perangkat daerah teknis mewujudkan Maluku sebagai daerah ramah investasi karena strategis bagi pengembangan pembangunan, pemerintahan, dan pelayanan sosial.

"Saya dan Gubernur Said Assagaff memasuki kepemimpinan tahun keempat sejak dilantik pada 10 Maret 2014. Kami mendorong dukungan dari kelembagaan maupun aparatur yang responsif dan bersih serta memperhatikan ketersediaan lahan agar Maluku dapat dijadikan sebagai daerah yang ramah investasi," katanya di Ambon, Sabtu Pekan Kemarin.

Karena itu, masalah lahan, perizinan, keamanan dan kenyamanan perlu diperhatikan dengan baik.

"Daerah yang ramah untuk kegiatan investasi akan membantu membuka lapangan kerja, meningkatkan daya saing dan produktivitas serta mempercepat turunnya tingkat kemiskinan," ujar Wagub.

Dia juga mengingatkan SKPD teknis soal perizinan investasi kedepan lebih dipermudah karena penanaman modal di Maluku dibutuhkan untuk mengelola aneka potensi sumber daya alam (SDA) bernilai ekonomis.

Investasi diharapkan dapat memberi kontribusi yang besar guna mendukung belanja pemerintah sehingga bisa menunjang pendapatan daerah.

"Jadi harus ada kemudahan investasi melalui regulasi yang ada, makanya dibutuhkan penerapan proses perizinan yang sederhana dan transparan," kata Wagub.

Disinggung sembilan Pemkab dan dua Pemkot, dia menjelaskan perlu bersinergi dengan Pemprov Maluku mewujudkan daerah ramah untuk investasi.

"Kami menginginkan pemkab/pemkot bersinergi dengan meningkatkan koordinasi maupun menjalin kerja sama harmonis untuk merealisasikan program baik didanai APBD provinsi atau kabupaten/kota serta pemanfaatan dana desa sesuai bidang tugas dan kewenangan," tandas Wagub.

Dia juga menginginkan stabilitas keamanan semakin kondusif agar investor tidak khawatir menanamkan modalnya di Maluku.

"Ingatlah bahwa keamanan itu merupakan salah satu persyaratan utama untuk terciptanya iklim investasi yang kondusif dan menjamin investor tertarik ke Maluku," tegas Wagub.
Ekonomi 5454605799335972746

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC