Loading...

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-45

Masohi, Maluku Channel.com - Pelakasanaan Peringatan Hari kesatauan Gerak PKK dengan Tema: HKG PKK ke-45 tahun 2017 dilakukan akselerasi program PKK untuk mewujudkan visi dan misi gerakan PKK yang bertempat di Pandopo Bupati Maluku Tengah Masohi Jumat, (16/3/2017).             

Turut hadir, Bupati Maluku Tengah, Sekda Maluku Tengah, Para Pimpinan SKPD dalam lingkup Pemda Malteng, Para Ketua dan anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten Maltang, Petinggi TNI-POLRI, Kejari Masohi.

Peringatan HKG PKK ke-45 di tandai dengan Pemotongan Nasi Tumpeng oleh Bupati Maluku Tengah, H Abua Tuasikal.SH, dan di bagikan kepada Ketua dan anggota PKK Kabupaten Maltang.

"Dalam Kesempatan ini pula, sambutan Ketua Umum dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo pada Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 Tahun 2017, yang dibacakan Ny.Amien Ruaty selaku Ketua PKK Kabupaten Maluku Tengah, menyampaikan bahwa: Karena hanya dengan semangat dan vitalitas yang terjaga seperti itulah, maka program-program Gerakan PKK dapat kita laksanakan secara proporsional dan rasional.

Atas dasar itu pula, maka Tema tersebut mengandung makna, bahwa melalui momentum peringatan HKG PKK ini diharapkan segenap jajaran Tim Penggerak PKK secara berjenjang mampu menyusun rencana aksi dalam rangka akselerasi dan percepatan program-program PKK, "Ungkap Ruaty.

Amien Ruaty" menambahkan, perlunya akselerasi atau percepatan program itu didasarkan pada kenyataan, bahwa selama ini kita melasanakan 10 Program Pokok PKK secara normatif, bahkan oenderung merupakan rutinitas. Padahal perkembangan program masyarakat maupun program pemerintah pada dewasa ini, berkembang begitu pesat dan sangat bervariasi. Dihadapkan pada kenyataan seperti ini, maka saya berharap agar kita tidak terbelenggu pada rutinitas program sehingga tidak pernah beranjak progesnya.

Karena sesungguh dari 10 Program Pokok PKK itu ada program prioritasnya, dan ada pula program unggulannya, serta tidak menutup kemungkinan juga ada program spesifik daerah sesuai dengan kebijakan Pemerintah Daerah.

Untuk satu hal ini, saya bahkan selalu mendorong setiap daerah agar senantiasa berinovasi mengembangkan kreatifitas program sesuai dengan potensi dan kebutuhan masing-masing daerah.

"Tumbuhkan ide-ide inovatif seraya kembangkan jalinan kerjasama dengan mitra kerja PKK dalam rangka pengembanganan akselerasi program PKK. Disamping itu, sejumlah program kerjasama yang dipayungi dalam Naskah Kesepakatan Bersama atau MOU dengan beberapa Kementerian dan Lembaga telah pula kita Iakukan.

Seperti MOU dengan Kementerian Pertanian, dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), kemudian dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dan Iainnya, ltu semua perlu dioperasionalkan di tingkat daerah, diakselerasi, dipercepat dan kita sukseskan bersama. "jelasnya.

Ruaty" menghimbau, agar dalam pelaksanaan program-program PKK sedapat mungkin mengurangi program yang bersifat ceremonial belaka. Sudah saatnya kita juga perlu mengimbangi prinsip kebijakan Pemerintah dalam pelaksanaan programnya, yakni kerja, kerja dan kerja, meskipun kita menyesuaikan dalam skala Gerakan.

Saya juga menyadari, apabila melalui Tema seperti tu, secara nyata juga membawa konsekuensi diperlukannya kesiapan peningkatan ketrampilan teknis dan mana manajerial segenap jajaran Tim Penggerak PKK. Untuk itu, kalau memang dipandang periu, buatiah program pelatihan teknis dan manajerial sesuai kepentingan bagi jajaran Tim Penggerak PKK. Arahnya adalah, agar Tim Penggerak PKK disetiap jenjang menjadi tahu, mau dan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya.

Melaiui tema ini pula, saya mengajak seiuruh jajaran Tim Penggerak PKK untuk memberi pembinaan dan fasilitasi yang berkeianjutan kepada kader PKK termasuk Kader Dasawisma, karena kepada merekalah sesungguhnya terietak fungsi kinerja dan program PKK.

Untuk itu senantiasa mengingatkan kepada kita semua, bahwa pada setiap memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK seperti ini. hendaknya juga dapat kita jadikan sebagai momentum untuk melakukan evaluasi, yakni mengevaluasi terhadap hal-hal apa saja yang telah diiakukan oleh Tim Penggerak PKK selama setahun ini.

"Kemudian, Iakukan penilaian diri, apakah ada keberhasilan atau kemajuan program maupun kegiatan PKK. Selanjutnya, rumuskanlah strategi dan langkah-Iangkah tindak Ianjutnya dalam bentuk rencana kerja Tim Penggerak PKK. Saya berharap siklus manajemen program dan manajemen kelembagaan seperti ini, dapat dilakuan secara simultan, berkesinambungan dan terus menerus.

Siklus manajemen program dan manajemen kelembagaan seperti itu, memang patut kita lakukan. Karena Iangkah seperti ini selaras dengan salah satu ketentuan yang tercantum dalam dokumen Hasil RAKERNAS VIII PKK Tahun 2015 yang antara Iain menyebutkan, bahwa “Program Kerja TP PKK menjadi bagian tidak terpisahkan dari Dokumen Perencanaan Pembangunan pada Pemerintah dan Pemerintah Daerah”. Sehingga, 10 Program Pokok PKK itu pada hakekatnya juga harus selaras dengan program pemerintah.

Amien Ruaty mengharapan agar kiranya Bapak Bupati, selaku Ketua Pembina Tim Penggerak PKK di daerah, berkenan memberikan dukungan dan fasilitasi terhadap program Penggerak PKK, sehingga gerakan PKK dapat memberikan andil dan turut serta ambiI bagian dalam upaya Ikut meningkatkan taraf hidup dan kehidupan keluarga menuju masyarakat yang maju dan sejahtera guna mewujudkan hari esok yang Iebih baik. Dalam meiaksanakan 10 Program Pokok PKK. (MC_Jais)
Malteng 6068172901080590868

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC