Loading...

Gaspersz Pastikan Bantuan Kapal Perintis Bagi Maluku Selesai Dikerjakan 2017

Ambon, Maluku Channel.com Kepala Dinas Perhubungan Maluku, Beny Gaspersz memastikan bantuan tiga kapal perintis berkapasitas 2000 Dwt yang dijanjikan Kementrian Perhubungan bagi Maluku di tahun 2017 sudah selesai dikerjakan.

“Ketiga kapal tersebut masih dalam tahap pekerjaan, mudah-mudahan di tahun 2017 sudah bisa selesai dikerjakan,”ujar Gaspersz kepada wartawan, usai mengikuti peringatan hari perhubungan nasional yang berlangsung di pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Senin (19/9/2016).

Sementara itu, kata Gasper untuk bantuan 10 kapal rede sampai saat ini masih dalam proses pekerjaan dan ditargetkan selesai akhir tahun ini.

“Tahun ini pekerjaan kapal rede sudah selesai, mungkin Desember sudah diserahterimakan,”ujarnya.

Dikatakan, bantuan tiga kapal perintis akan menjangkau daerah-daerah yang sampai saat ini masih kesulitan dalam akses transportasi laut terutama daerah Terpencil Tertinggal dan Terdepan (3T). Sama halnya dengan bantuan kapal rede nantinya akan menjangkau desa-desa yang sampai saat ini belum memiliki dermaga.

Dijelaskan lebih lanjut, masih diperlukan koordinasi kembali dengan Kementrian Perhubungan terkait bantuan ini, mengingat telah terjadi pergantian jabatan Menteri. “Karena adanya pergantian pimpinan, maka kita harus lobi lagi,”pungkasnya.

Sampai saat ini, tambah dia, sudah 18 kapal yang beroperasi di Maluku, dengan 8 pangkalan Ambon, 5 pangkalan Saumlaki dan 5 pangkalan Tual. Namun, belum bisa menjawab persoalan transportasi laut di Maluku.

“Jika kapal yang ada diatur secara baik mungkin, bisa menjawab persoalan transportasi saat ini, namun karena masing-masing operator sesuai kontrak, dan Pelni tidak mempunyai kapal pengganti, sehingga, jika kapal doking, maka kita harus menunggunya sampai selesai doking dan jangka waktunya tidak tahu sampai kapan,”ulasnya.

Untuk itu, dia optimis jika janji dari Kementrian Perhubungan terealisasi, maka paling tidak dapat menjawab persoalan perhubungan laut di Maluku.
Daerah 4554142101616983589

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC