Loading...

Pemkot Ambon Akan Libatkan Warga Sambut Peserta DAYR

Ambon, Maluku Channel.com Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan melibatkan warga dalam penyambutan peserta Darwin Ambon Yacht Race (DAYR) 2016, kata Penjabat Wali Kota Ambon, Frans Johanis Papilaya di Ambon, Minggu (14/8/2016).

"Penyambutan peserta DAYR tahun ini akan berbeda dari tahun sebelumnya, karena akan melibatkan warga Amahusu yang merupakan lokasi finish kegiatan tahunan tersebut," katanya.

Ia mengatakan, peserta DAYR dilepas dari Pelabuhan Darwin, Australia Utara, 13 Agustus 2016 dan diperkirakan akan tiba di Pantai Amahusu, Kecamatan Nusaniwe Ambon pada 15 Agustus.

"Sebanyak 17 perahu layar telah dilepas dari Darwin, Australia Utara, Sabtu (13/9) dan dijadwalkan perahu layar pertama akan tiba Senin (15/8)," ujarnya.

Menurut Frans, peran serta warga dalam penyambutan dan pelaksanaan DAYR sangat penting karena akan berdampak pada perekonomian warga selaku tuan rumah.

"Keterlibatan warga sangat penting untuk penyiapan segala sesuatunya secara baik, karena akan ada dampak sangat luar biasa yang dapat dirasakan dari pelaksanaan event DAYR ini," katanya.

Dampak tersebut katanya, para wisatawan yang datang sebagai peserta race akan melihat secara dekat bagaimana kondisi Kota Ambon dan Negeri Amahusu secara khusus dengan masyarakatnya.

Kedekatan tersebut dipastikan membawa dampak ekonomis seperti kuliner, cinderamata, transportasi dan lain sebagainya, yang dapat ditawarkan oleh masyarakat setempat.

"Masyarakat Amahusu harus memanfaatkan kesempatan ini dengan memberikan pelayanan yang baik bagi para peserta, hal ini akan membuat mereka terkesan, sehingga saat mereka kembali mereka akan menceritakan kepada kerabat di negara masing-masing," ujarnya.

Frans menyatakan, pihaknya juga telah melakukan perbaikan infrastruktur dasar seperti lampu jalan, ruas jalan yang rusak dengan melakukan koordinasi dengan dinas teknis terkait untuk diperbaiki.

Lampu jalan dimulai dari kawasan Museum Siwalima hingga SMA Negeri 6 Ambon tidak berfungsi dan akan diperbaiki agar ruas jalan tersebut aman untuk dilalui wisatawan.

Selain itu juga masalah jalan rusak di wilayah negeri Amahusu menuju Negeri Latuhalat yang merupakan akses utama menuju ke beberapa lokasi wisata yang ada di Kecamatan Nusaniwe. Prinsipnya seluruh persiapan telah rampung dan dipastikan siap menyambut peserta DAYR," katanya.
Ambon 5775575615947317604

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC