Loading...

Nama Dicatut Dukung Balon Perseorangan, Warga Malteng Protes

Ambon, Maluku Channel.com Warga desa Wotai, Kabupaten Maluku tengah memprotes dukungan mereka kepada bakal calon (Balon) melalui jalur perseorangan yakni Isnain Solo - Yakobus Soakalune yang sedang diverifikasi KPU setempat karena dinilai terjadi penyimpangan.

Ny.Jois Tutuarima yang dihubungi dari Ambon, Jumat (26/8/2106), mengatakan, kaget karena namanya ada dalam daftar dukungan terhadap pasangan perseorangan yakni Isnain - Yakobus.

"Beta (saya) punya foto copi KTP maupun tandatangan ada dalam daftar dukungan terhadap Isnain - Yakobus yang tidak tahu menahu diperoleh dari siapa," ujarnya.

Alasannya, tim pemenangan Isnain - Yakobus tidak pernah meminta foto copi KTP. Apalagi, menandatangani formulir dukungan.

"Beta mencermati kalau foto copi KTP memang benar. Namun, tandatangan itu diduga dipalsukan sehingga telah mengajukan keberatan kepada tim dari KPU Maluku Tengah yang sedang melakukan verifikasi," tandas Ny.Jois.

Dia mengemukakan, daftar dukungan warga desa Wotai sebanyak 132 orang itu tercatat 88 diantaranya mengajukan keberatan.

"Kami mengajukan keberatan karena tidak tahu memperoleh foto copi KTP dengan cara bagaimana. Fatalnya, tandatangan di formulir dukungan itu dipalsukan sehingga tidak sesuai asli sebagaimana diteliti saat verifikasi," kata Ny.Jois.

Dia mengharapkan KPU Maluku Tengah bisa menegakkan ketentuan perundang - undangan dengan benar karena dukungan tersebut terjadi penyimpangan.

"Kok mau menjadi Bupati - Wakil Bupati Maluku Tengah tetapi dengan memanfaatkan cara manipulasi atau penyimpangan," tegas Ny.Jois.

Sebelumnya, Komisioner KPU Maluku Tengah, Abdussmad Ningkeula mengakui tim sedang melakukan verifikasi dukungan terhadap pasangan melalui jalur perseorangan yakni Isnain - Yakobus.

"Kami selektif dalam melakukan verifikasi sehingga bila terdapat hal - hal tidak bisa dipertanggung jawabkan, maka ditangani secara ketentuan perundang - undangan," ujarnya.

Pasangan yang diusung partai politik (Parpol) antara lain petahana Maluku Tengah, Tuasikal Abua - Marlatu Leleury yang dipromosikan dengan sapaan "TULUS", Hamzah Sangadji - Robert Tutuhatunewa, Azis Mahulette - Johan Lewerissa, Saadiah Uluputy - Agustinus Mawara dan Djamaludin Ely - Liliane Aitonam.
Malteng 7306733894696973250

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC