Loading...

KPU Ambon Bentuk Tim Verifikasi Data Calon Perseorangan

Ambon, Maluku Channel.com Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon, Maluku membentuk tim verifikasi pendaftaran dukungan calon perseorangan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wali Kota-Wakil Wali Kota Ambon pada 15 Februari 2017.

“Tim verifikasi dibentuk untuk menangani proses pendaftaran dan pengembalian berkas dukungan calon perseorangan yang dijadwalkan pada 6 - 10 Agustus 2016, “ kata Ketua KPU Kota Ambon, Marthinus Kainama, Minggu (7/8/2016).

Menurut dia, syarat yang diajukan KPU bagi pasangan calon yang akan maju menggunakan jalur perseorangan harus mengantongi minimal dukungan 22.589 KTP yang tersebar di lima kecamatan.

"Secara teknis kita telah siap membantu melakukan validasi seluruh data yang masuk dari calon perseorangan dan diharapkan bisa dimasukkan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan," ujarnya.

Marthinus mengatakan, seluruh perangkat elektronik guna proses verifikasi data KTP juga telah dipersiapkan guna proses input datanya jika pasangan calon telah menyerahkan berkas.

"Sesuai ketentuan syarat dukungan untuk calon perseorangan itu minimal 50 persen dukungan terdapat di tiga kecamatan dari lima kecamatan yang ada di Kota Ambon," katanya.

Ia menyatakan, pihaknya juga sebelumnya telah memfasilitasi pelaksanaan verifikasi faktual dukungan dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Mendukung sistem tersebut dibutuhkan jaringan internet yang memadai untuk membantu pelaksanaan verifikasi data perseorangan yang akan bertarung di pilkada kota Ambon.

"Pemanfaatan teknologi informasi disesuaikan dengan aksesibilitas daerah dan kemampuan bakal pasangan calon dengan ketentuan dilakukan secara online, selain itu jaringan internet juga sangat penting," tandasnya.

Marthinus menambahkan, sampai saat ini baru ada satu calon perseorangan yang mengambil formulir pendaftaran di KPU Kota Ambon.

"Dijadwalkan tim bakal pasangan calon akan melakukan pendaftaran dan penyerahan dukungan pada 9 Agustus mendatang," katanya
Ambon 2208423367035778777

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC