Loading...

Disperindag Maluku Jamin Stok Bahan Pokok

Ambon, Maluku Channel.com Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku menjamin stok bahak pokok masyarakat dengan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya.

"Langkah-langkah yang diambil yakni melakukan pemantauan harga, mengevaluasi dan menganalisa pergerakan harga," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disperindag Maluku, Jan Syahailatua, di Ambon, Senin (8/8/2016).

Disperindag melakukan koordinasi dengan Perhubungan Laut, PT.Pelindo Cabang Ambon, PT. Pelni dan perusahaan pelayaran agar memprioritaskan pemuatan bahan kebutuhan pokok masyarakat.

Begitu pula, koordinasi dijalin intensif dengan pelaku usaha (distributor,sub, distributor, agen,dan pengecer) dalam rangka pengamanan , kelancaran distribusi dan stabilitasi harga bahan kebutuhan pokok.

Selain itu dilakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke pasar tradisional, pasar modern/swalayan dan gudang distributor untuk melihat stok yang dimiliki oleh pedagang.

Para distributor dan agen diingatkan agar mendistribusikan barang ke pasar tanpa melakukan spekulasi harga.

"Kami juga akan melakukan pendataan, evaluasi dan analisa terhadap stok bahan pokok rutin setiap minggu dan ketahanan stok pada bulan-bulan berikut," ujar Jan.

Terpenting, berupaya meningkatkan pelayanan dan kemudahan kepada pelaku usaha, dengan memfasilitasi ke daerah sentra distribusi yakni Surabaya, Makasar, dan Manado.

"Ketiga daerah ini yang selalu menjadi sentra produksi bahan kebutuhan pokok yang distribusi ke Maluku guna mengisi permintaan pasar,' kata Jan Syahailatua.
Ekonomi 5425974116172101626

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC