Loading...

Bank BI Terima Tukar Uang Logam


Ambon, Maluku Channel.com Bank Indonesia (BI) bersedia menerima penukaran uang logam dari masyarakat dengan uang yang layak beredar.

"Ini merupakan program lanjutan yang dilaksanakan pada 2016. Penukaran ini akan dimulai dari Saumlaki, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) dengan nama kegiatan peduli koin," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Maluku, Wuryanto, di Ambon, Selasa (28/6/2016).

Pihaknya merasa heran karena bank-bank yang ada di Maluku selalu menarik uang logam dari BI, sebab stoknya banyak. Hanya saja pada waktunya tidak kembali ke BI.

"Indikasinya masyarakat setelah mendapat uang pengembalian sisa belanja dari toko-toko atau swalayan lalu menyimpannya di rumah, tidak dibawa lagi untuk berbelanja," ujar Wuryanto.

Dia memahami masyarakat merasa canggung untuk membawa pergi ke mana-mana uang logam. Alasannya, pasti ada bunyi-bunyian di dalam sak pada saat gesekan.

Karena itu, BI akan melancarkan program peduli koin dengan cara menerima penukaran uang logam berapa pun jumlahnya dari masyarakat.

"Tidak tertutup kemungkinan BI melakukan kerjasama dengan perbankan guna melakukan program peduli koin," kata Wuryanto.

Dia mengatakan, setelah terkumpul uang-uang logam, maka diolah kembali menjadi baru, selanjutnya diedarkan ke masyarakat melalui bank-bank.

"BI memilih Saumlaki yang pertama mengingat daerah itu dan sekitarnya selama ini sudah tidak mempergunakan uang logam lagi oleh masyarakat, pada hal uang logam masih layak beredar," tandasnya.

Dari hasil ekspedisi BI Perwakilan Maluku ke 16 pulau terluar, lanjutnya, mulai dari MTB sampai Maluku Barat Daya (MBD) pada akhir Maret hingga awal April 2016 terlihat semua masyarakat di kawasan itu sudah tidak menggunakan uang logam lagi untuk berbelanja.(MC)
Slider 3927116189565638065

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC