Loading...

Kirab Merah Putih dan Pembagian 10 Juta Bendera Membuahkan Penghargaan

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Menindaklanjuti surat Kementerian Dalam Negeri Nomor: 400.10.1.1/1965/SJ tanggal 7 April 2023, Perihal pembagian 10 juta bendera untuk memeriahkan HUT RI ke-78 tahun 2023 maka Pak. Bupati dengan inisiatif gagasan dan idenya yang didukung oleh Forkopimda dalam hal ini TNI dan Polri sehingga pembagian 10 juta bendera merah putih ini diadakan Kirab Merah Putih.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Malra, Karel Rahayaan, S.Sos dalam konferensi persnya diruang kerjanya pada, Rabu (06/09/2023).

Rahayaan menjelaskan, kegiatan Kirab Merah Putih ini dengan tujuan yang pertama melakukan upacara bendera di 78 titik yang melambangkan HUT RI ke-78 dan inspekturnya langsung dipimpin oleh Pak. Bupati dan Komandan TNI/Polri, Kapolres, Dandim 1503 Maluku Tenggara, Danlanal Tual dan Danlanud Dominicus Dumatubun.

"Dan saya sendiri selaku Sekretaris Kesbangpol selaku Komandan Upacara mengelilingi 78 titik," ungkapnya.

Dari 78 titik itu kita melewati semua Desa/Ohoi di 192 Ohoi, kecuali Tanimbar Kei, Ur Pulau dan Warbal. Dan mendapat dukungan sepenuhnya dari seluruh lapisan masyarakat baik itu jajaran pendidikannya, Guru-gurunya, Tokoh adatnya, Tokoh agamanya, para Camatnya, Kepala Ohoi secara keseluruhannya seluruh masyarakat mendukung.

"Sehingga, itu titik starnya dimulai tanggal 12  Agustus yang dimulai dari Desa Ohoiraut Kecamatan Kei Besar Utara Timur dan finishnya dikantor Bupati. Sedangkan finish untuk 78 titik itu ada di Desa Sathean Kecamatan Kei Kecil," ujarnya.

Dan katong masuk dikantor Bupati itu tepat pukul 18:10 WIT, dengan membawa Bendera Pusaka itu lalu diserahkan ke Pak. Bupati. Lalu, tanggal 17 itu dikibarkan.

Rahajaan juga tambahkan, sehingga Kesbangpol berkewajiban melaporkan kegiatan pembagian 10 juta bendera merah putih ini dalam bentuk pelaksanaan kegiatan Kirab Merah Putih ke Kementerian Dalam Negeri. Yang akan menilai seluruh provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia berjumlah 598.

"Dari situ, maka tanggal 18 itu melalui Kemenko Sumber daya manusia dan kebudayaan langsung turun di Maluku Tenggara untuk melakukan monitoring dan membawa penghargaan pertama pada waktu itu, diserahkan diaula Kodim 1503 Tual dan disaksikan langsung oleh Pak. Kapolres, Pak. Dandim, Plh Sekda, Kesbangpol lengkap ditambah dengan Kabag protokoler," ucapnya.

Dirinya menambahkan, setelah mendengar langsung, Kemenko Sumber daya manusia dan kebudayaan kemudian melakukan wawancara dengan pelaku-pelaku yang terlibat dalam Kirab Merah Putih tersebut (Pak. Kapolres, Pak Dandim) dan menceritakan. Ditayangkan video itu dari Ohoiraut sampai dengan titik akhir.

Dari situ setelah melakukan Monet, kemudian mereka kembali dan melakukan penilaian oleh Departemen Dalam Negeri sehingga dari 598 itu Maluku Tenggara masuk ke dalam peringkat ke-11 dalam undangan dimaksud melalui surat undangannya kementrian dalam negeri yang akan mendapat penganugerahan penghargaan dari Presiden Republik Indonesia yang akan diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri kepada Gubernur dan Bupati. Sehingga, dikeluarkan surat ke Kabupaten Maluku Tenggara tanggal 30 Agustus tahun 2023 untuk Pak. Bupati hadir langsung pada hari Jumat tanggal 8 September 2023 untuk menerima penghargaan tersebut.

Rahajaan katakan, dari rentetan perjalanan Kirab Merah Putih ini luar biasa. Banyak sekali masyarakat itu merasa bangga karena baru pertama kali kegiatan ini di Maluku Tenggara dan malahan diseluruh Indonesia baru pernah terjadi kirab merah putih dan lokasi-lokasi upacaranya di Ohoi-ohoi di titik-titik tersebut dan dipimpin langsung oleh Bupati, Kapolres, Dandim, Danlanal dan Danlanud.

Dan itu mendapat apresiasi dan dukungan sepenuhnya, terima kasih. Jadi, kami sebagai Kesbangpol yang menjaga keutuhan, Integritas, Ideologi dan wawasan kebangsaan dalam HUT RI ke-78 ini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas prestasi yang di raih ini adalah benar-benar ketulusan dari Pak. Bupati. Gagasan dari Pak. Thaher Hanubun untuk bagaimana melihat Maluku Tenggara secara utuh. (DS)
Maluku Tenggara 1757571730840557662

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC