Loading...

Gedung Gereja Efata Fako Diresmikan Bupati Maluku Tenggara

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun disela-sela jadwal yang padat selama berapa hari meresmikan tempat ibadah di pulau Kei besar dan pada hari ini kembali melanggar lautan didampingi Pejabat Sekda dan forkopimda meresmikan gedung gereja baru, Gereja Efata di Ohoi Fako pada, Minggu (10/09/2023).

Peresmian gedung gereja yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Maluku Tenggara, Thaher Hanubun didampingi Pejabat Sekda, Nikodemus Ubro dan Sekertaris Sinode Maluku, Pdt. S. I. Sapulette, M.Si.

Untuk diketahui bahwa, Bupati Maluku Tenggara, Thaher Hanubun sudah tiga hari berturut turut menyeberang lautan dari kei kecil ke kei besar untuk meresmikan tempat ibadah.

Setelah meresmikan Masjid di Ohoiwait lanjut hari kedua meresmikan Masjid di Ohoi Mataholat dan kini pada hari ini kembali lagi ke kei besar untuk meresmikan Gedung Gereja Baru Efata Ohoi Fako.

Kegiatan diawali dengan penjemputan Bupati dan rombongan didepan pintu masuk Ohoi Fako dengan doa adat selanjutnya penyematan syal kepada Bupati, Danlanud dan Kapolres.

Terlihat Bupati didampingi Pejabat Sekda, Nikodemus Ubro, Kapolres Maluku Tenggara, AKBP. Frans Duma, SP dan Danlanud DM Langgur, Letkol Pas Junaidi, SH serta Ketua FKUB, Hi. Arifim Difinubun.

Sambutan Bupati Maluku tenggara, yang dibacakan oleh pejabat Sekda, Nikodemus Ubro katakan, pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak kita semua persembahkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena Ia selalu dan senantiasa menyertai dan merahmati kita dengan anugerah-NYA yang berlimpah.

Dirinya tambahkan, kita juga patut bersyukur karena kepada kita dikaruniai kondisi kehidupan kekerabatan, persaudaraan dan sikap saling menghargai dalam harmoni sosial yang terus tumbuh dan terjaga dalam kekayaan Tradisi di Bumi Larwul Ngabal.

"Bupati Thaher bersyukur Persembahan Puji dan Syukur turut pula kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena kepadanya kita diberi kesempatan, kekuatan, dan kesehatan untuk melanjutkan karya tugas dan pengabdian kita kepada masyarakat, Daerah, Bangsa dan Jemaat," ungkapnya.

Bupati Thaher juga menjekaskan, secara khusus pada kesempatan yang berbahagia ini, kita diperkenankan merayakan Peresmian dan Penthabisan Gedung Gereja Efata Jemaat GPM Fako. Semoga Gereja ini menjadi tanda keselamatan bagi seluruh umat.

Hari ini, menjadi hari yang penuh Bahagia, bagi Jemaat Gereja Protestan Maluku atas Peresmian dan Petahbisan Gedung Gereja Baru Efata Jemaat GPM Fako. Kebahagian ini semakin lengkap dengan kehadiran Sekertaris Sinode Maluku beserta seluruh Tamu Undangan yang datang untuk menyaksikan Momentum Bahagia ini.

Bagi seluruh Jemaat GPM Fako. Dalam kebahagiaan ini, saya mau mengajak kita semua, terlebih khusus Jemaat GPM Fako untuk mengingat kembali perjuangan pribadi-pribadi Hebat yang telah memperjuangkan sampai terselesaikannya Gedung Gereja Efata yang baru ini.

Mereka telah memulai dengan segala keterbatasan mereka, mereka telah memulai dengan sebuah kerja keras yang terkadang diwarnai dengan keringat dan air mata, dan hari ini sebuah kerinduan besar mereka telah terlaksana.

Saya juga mengajak semua mengenang kembali para Pendeta dan Guru Agama yang telah turut menjaga dan memelihara Iman Gereja Protestan Maluku agar tetap tumbuh subur di Ohoi Fako ini, sebagai penghormatan untuk itu, mari kita hening sejanak mendoakan mereka.

Bupati Thaher katakan, sejak dahulu kala, kekristenan di Maluku khususnya di Kepulauan Kei ini, terpelihara salah satunya oleh peran guru-guru Agama yang notabennya memiliki Pendidikkan yang tidaklah memadai. Namun demikian, diantara mereka terdapat orang-orang yang memimpin jemaat atau sering disebut "Guru Jemaat.

"Guru-guru ini menyampaikan khotbah yang mereka susun sendiri dan layak disebut sebagai pendeta tentu kondisi dahulu sudah jauh berbeda dengan kondisi saat ini, dimana Gereja Protestan Maluku telah berhasil melahirkan banyak sekali pendeta pelayan umat," ujarnya.

Bupati Thaher juga mengatakan, sudah sangat banyak Umat Kristen yang terlayani oleh Pendeta. Tapi disisi lain, peran guru-guru jemaat ini, harusnya diperhatikan dengan serius. Sejarah membuktikan bahwa, disaat ketiadaan Pendeta, Guru jemaat berperan sungguh luar biasa.

Pada kesempatan ini, kita bersama-sama merayakan Peresmian dan penthabisan Gedung Gereja Efata Jemaat GPM Fako. Dalam sebuah tulisan menarik di Media Sosial yang pernah saya baca, Apa Makna Gereja yang diakui bersama..? Dalam sebuah artikel diungkapkan bahwa, pada dasarnya panggilan gereja dibagi menjadi 2 bagian besar. 

Yaitu, Membangun kualitas iman jemaat, melalui kegiatan pembinaan kedalam yang akan menghasilkan orang yang hidupnya berpadanan dengan Kristus dan mengenal Tuhan secara benar.

Sedangkan panggilan keluar, adalah secara lembaga maupun bersama jemaat, membawa Berita Injil Allah kepada orang yang belum mengenal Tuhan, agar mereka pun memperoleh keselamatan.

"Gereja harus menjadi jawaban. Orang Kristen ke Gereja harus mendapat sesuatu yang tidak diperoleh dari dunia ini," ucapnya.

Bupati Thaher katakan, pada kesempatan ini, juga saya mau berterima kasih kepada Keluarga Besar Gereja Protestan Maluku, karena kader-kader yang lahir dari Jemaat GPM telah memberikan sumbangsih nyata bagi pembangunan di Maluku Tenggara.

Hari-hari ini, kita dihantam berbagai persoalan yang membutuhkan Kedewasaan hati yang bersih untuk memilah-milah dan menganalisa berbagai persoalan secara lebih baik dan bijaksana. Ancaman perpecahan terus ada dan datang dari mereka yang tidak ingin daerah ini bangkit dan lebih maju lagi. 

Kita harus berjalan bersama, bergandengan tangan untuk menatap Kabupaten Maluku Tenggara yang lebih baik. Semoga Gedung Gereja Efata yang diresmikan hari ini, menjadi tanda persaudaraan bagi kita semua.

"Saya atas nama Pemerintah dan seluruh masyarakat Maluku Tenggara, mengucapkan selamat atas peresmian dan Penthabisan Gedung Gereja Efata Hako," tutupnya. (DS)
Maluku Tenggara 8339822954618545121

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC