Loading...

Pj Bupati Malteng: Lewat Warkshop Ini Dapat Selamatkan Generasi Bangsa Dari Ancaman Stunting

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Bertempat di Baeleo, Ir. Soekarno, Pandopo Bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tengah (Malteng), DR. Muhamat Marasabessy, SP, ST, M.Tech menghadiri Acara Workshop Pencegahan dan Penurunan Angka Stunting, Sabtu (06/05/2023).

Dikesempatan ini pula, Penjabat Malteng, Muhamat Marasabessy dalam sambutannya menyampaikan Ucapan Selamat Datang dan Terima Kasih kepada Ibu dr. Tan Shot Yen, M.Hum (Ahli Gizi Masyarakat) selaku Narasumber bersama Rombongan di Kota Masohi Kabupaten Malteng.

Pj Bupati, menambahkan bahwa semoga Kehadiran para narasumber dapat menambah Wawasan serta Semangat bagi kami Pemda untuk Bersama-sama dengan seluruh Stakeholder yang ada, dalam Melakukan Penanganan Stunting di Kabupaten Malteng dalam Mewujudkan Masyarakat Malteng yang Makin Sehat, Maju, Berkualitas, dan Sejahtera.

"Tentunya kita sudah sangat mengetahui bahwa, Stunting adalah Permasalahan Serius yang menjadi Fokus Pemerintah dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia Indonesia saat ini dan Kedepannya. Stunting ini Taruhannya terlalu Besar jika kita abaikan, dan dampaknya jangka panjang, sehingga kita tidak bisa Mengukur dalam Jangka Waktu yang seketika dalam Penanganannya, dengan demikian Penanganan Stunting ini harus melihat banyak Aspek, seperti Aspek Kesehatan, Aspek Keluarga maupun Aspek Perilaku. Artinya Pengentasan Stunting harus dilakukan secara Terpadu serta butuh Komitmen Kuat dari semua Stakeholder," ungkapnya.

Pj Bupati, mengungkapkan bahwa Tidak hanya menjadi Tugas Instansi Leader, tetapi butuh Keterlibatan semua Pihak yang ada di Negeri ini, karena tanpa Komitmen dan Kemauan yang Kuat untuk menyelamatkan Generasi Bangsa dari Ancaman Stunting, maka Gerakan kita hari ini pastinya Sia-sia dan dapat dipastikan hanya sebatas Semboyan tapi Miskin Gerakan. 

Hal ini tentunya harus kita Tangani secara baik, Terukur, Terarah dan Akuntabel melalui Kerja Nyata, Kerja Cerdas dan Kerja Profesional dengan Membangun Sinergi, Kolaborasi dan Akselerasi semua Pihak agar kita tetap bisa Membangun Generasi Masa Depan menjadi Generasi Unggul, Berdaya Saing dan Berkualitas.

Kami, Pemerintah Daerah Kabupaten Malteng sangat Mengapresiasi Program Kerja Terobosan dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Malteng yang telah Menginisiasi terselenggaranya Kegiatan Workshop Pencegahan dan Penurunan Angka Stunting di Kabupaten Malteng untuk membantu Pemda dalam Mendorong Percepatan Penurunan Angka Stunting di Kabupaten Malteng sehingga Angka Stunting akan semakin mengalami Penurunan dan kita Targetkan bisa semakin Menurun sampai di Tahun 2024. 

Untuk Tema yang diambil dalam Kegiatan ini harus dapat kita Maknai dengan baik, sehingga dapat menjadi Roh dan Penyemangat kita dalam Pelaksanaan Percepatan Penurunan Stunting, tema ini juga menjadi pengingat kita akan dua hal Pokok berikut. Pertama, Percepatan Pencegahan dan Penurunan Angka Stunting sangat Urgent untuk ditangani secara Serius.

"Yang kedua, yakni Komitmen untuk menempatkan Penurunan Stunting sebagai salah satu Prioritas Utama Pelaksanaan Pembangunan di Daerah dan Negeri/Kelurahan," ujarnya.

Pj Bupati, mengingatkan bahwa Peningkatan Kualitas dan Perbaikan Layanan dalam Rangka mendukung Percepatan Penurunan Stunting harus lebih Efisien dan lebih banyak yang Terintegrasi sampai ke tingkat Layanan paling Dasar serta perlunya Mengidentifikasi Hal-hal yang menjadi Kendala atau yang belum berjalan secara Optimal untuk dibuatkan upaya Strategis bersama, agar Target Provinsi dan Nasional dapat Tercapai pada Tahun 2024.

Masa Depan kita tergantung pada Aksi dan langkah Kolaboratif yang kita lakukan sekarang. Dalam menyongsong Masa Depan, kita harus Optimis namun tidak boleh Lengah. Anak-anak Bangsa adalah Bagian dari Masa Kini dan Masa Depan. Sekarang kita Rawat mereka, kelak mereka yang merawat Bangsa.

"Saya sangat berharap, dengan Workshop ini, Peserta mendapatkan Informasi dan Pemahaman tentang Urgensi Percepatan Penurunan Stunting, baik yang Sifatnya Pencegahan maupun Penanganan," tutupnya. (MCJ)
Malteng 6285899335006403448

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC