Loading...

Walikota Tual Resmikan Listrik Desa (LISSA) di Desa Dullah Laut

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Sebagai bentuk Kehadiran Negara, Pemerintah bersama PT. PLN (Persero) terus mengalirkan Listrik hingga ke Pelosok Desa Terpencil demi menciptakan Energi Keberadilan.

Hingga November 2022, sebanyak 83.240 Desa telah menikmati Listrik, atau 99,73 Persen dari Total 83.467 Desa di Indonesia.

PLN  Wilayah IX Maluku - Maluku Utara UP3 Tual terus Berkomitmen dalam Membangun Infrastruktur Kelistrikan agar seluruh Desa di Kota Tual dapat menikmati Aliran Listrik PLN pada Tahun 2024.

Seperti diketahui, Indonesia memiliki angka Rasio Elektrifikasi Perdesaan mencapai 99.48% atau meningkat Signifikan dari tahun 2014 yaitu 84%. Angka tersebut sudah melampaui Target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 yakni sebesar 96%.

Akan tetapi Fakta dilapangan 433 Desa di Indonesia belum Teraliri Listrik diantaranya Papua (325 desa), Papua Barat (PB) (102), Nusa Tenggara Timur (NTT) (5), dan Maluku (100). Pemerintah pun menyusun Strategi untuk dapat memenuhi seluruh Kebutuhan Listrik di Tanah Air.

Walikota Tual, Adam Rahayaan,S.Ag, M.Si dalam lawatannya ke Desa Dullah Laut bersama Wakil Walikota, Usman Tamnge, SE dan Pimpinan OPD dilingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Tual pada, Kamis (08/12/2022) sangat Terkesan dengan Kinerja Petugas PLN Tual yang ada di Desa Dullah Laut.

Walikota berharap, kedepannya
PT. PLN harus berani mengalihkan Pembangkit Listriknya, tidak hanya mengandalkan Batu Bara tetapi juga Energi Baru Terbarukan (EBT) seperti Hydro Power, Bio Thermal, ataupun Bio Massa sebagai Alternatif Pengembangan Listrik.

Sebab untuk wilayah Daratan Pulau Dullah seluruhnya sudah Teraliri Listrik, sementara untuk Kecamatan yang Berada di Pulau Pulau Tayando Tam dan Pulau Pulau Kur belum semua mendapatkan Aliran Listrik dari PLN.

"Yang terpenting apakah dengan Extensi Jaringan Listrik ataukah Pembangunan Minigrade, seperti Micro Hydro, PLTD, ataupun Distribusi Tabung Listrik yang dilengkapi Stasiun Pengisian NGST, merupakan Opsi yang menjadi Prioritas PT. PLN Wilayah IX Maluku - Maluku Utara khususnya UP3 Tual dapat menjangkau seluruh Wilayah Maluku Khususnya di Kota Tual," tutup Walikota. (MCS)
Tual 2974896821831662484

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

IKLAN

TRENDING TOPIC