Loading...

Kadis PMD: Masih Tersisa 15 Kepala Ohoi Yang Menunggu Pelantikan Tahun 2023

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Proses Pelantikan Kepala Ohoi dan Finua di Kota Tual masih akan terus dilanjutkan sampai Bulan Maret 2023.

Penjelasan tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ghufroni Rahanyamtel kepada Media ini usai menghadiri acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Tiga Kepala Ohoi di Balai Kota Tual, Jumat (09/12/2022). 

Dari 15 Calon Kepala Ohoi tersebut sebanyak 07 Kepala Ohoi berasal dari Kecamatan Pulau Dullah Utara, 01 Kepala Ohoi Berasal dari Kecamatan Tayando Tam, dan 07 sisanya berasal dari Kecamatan Kur Selatan. 

Mereka itu sudah selesai Berproses dan Rata Rata Calon Tunggal sehingga mempermudah Proses Pelantikan. Sementara ada beberapa Ohoi/Finua lebih dari Satu Calon sehingga harus dilakukan Proses Pemilihan secara Terbuka oleh Warga. 

Terkait dengan Penundaan Tujuh Kepala Ohoi yang belum sempat dilantik hari ini, Rahanyamtel katakan bahwa, Keterlambatan tersebut diakibatkan oleh banyak Faktor, salah satunya adalah jika ada lebih dari satu Calon.

"Sesuai dengan Amanat Peraturan Daerah (Perda) 05 Tahun 2020 maka Riin Kot atau Mata Rumah yang punya Hak tersebut Wajib menyerahkan Rekomendasinya ke Raja, sehingga banyak Ohoi/Finua lebih memilih untuk menyederhanakan menjadi Satu Calon saja atau biasa disebut Calon Tunggal, Nah Proses ini yang membuat Administrasinya Terlambat kita Proses sehingga direncanakan nantinya pada Bulan Maret tahun Depan sudah dapat dilakukan Proses Pelantikan oleh Kepala Daerah dalam hal ini Walikota Tual," ungkap Rahanyamtel. 

Ketika disinggung tentang Kepala Finua di Kecamatan Pulau Kur, Rahanyamtel katakan bahwa, hingga kini Proses Pengukuhan Raja Kilmas pada Ratshap Kilmas belum Final, Hal ini berdampak pada para Calon Kepala Finua sebab mereka harus mendapatkan Rekomendasi dari Raja baru bisa dilanjutkan ke Tahap berikutnya berupa Pemilihan jika Calonnya lebih dari dua.

"Begitu pula untuk Kecamatan Tayando Tam hingga kini Proses Pengukuhan Raja juga belum ada Kabar sehingga Proses Pemilihan Kepala Ohoi di Kecamatan tersebut agak terlambat," tutup Rahanyamtel. (MCS)
Tual 2682017174712364335

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC