Loading...

Pemkab Malra Jalin Kemitraan Dengan ITB

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Pemerintah Daerah Maluku Tenggara terus melangkah maju dengan membangun kemitraan berbagai pihak seperti yang dilakukan Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun dengan menerima kunjungan Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITB di ruang kerjanya, Selasa (04/10/2022).

Kampus ternama di Indonesia bahkan dunia Institut Teknologi Bandung (ITB)  dengan program pengabdian masyarakat hadir di Kabupaten Maluku Tenggara  (Malra) untuk membangun kerjasama berbagai sektor pembangunan dan pelayanan publik mendapat respon yang luar biasa dari Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara.

Hal ini terbukti ketika Dikatakan Bupati M. Thaher Hanubun bahwa LPPM ITB dalam kemitraan ini diharapkan dapat membantu Pemerintah Daerah untuk pengembangan berbagai sektor khususnya potensi unggulan Perikanan dan Pariwisata Malra serta sektor penunjangan lainnya. Mengingat saya memiliki komitmen untuk memajukan Kabupaten Maluku Tenggara dari berbagai sektor pembangunan.

Selain itu Sekretaris LPPM ITB Bandung Bidang Pengabdian Masyarakat Deny Willy Junaidy selaku Ketua Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pengabidan Masayarkat berjumlah lima orang dengan spesialis keilmuan dan tupoksi berbeda ini melakukan kunjungan sejak 1 Oktober 2022 s/d 5 Oktober 2022 telah melaksanakan Monev dengan kunjungan ke Dinas Perikanan Kabupaten Malra untu serta memberitahukan kepada Dinas Kominfo untuk pengembangan IoT di Kebun Rumput Laut  Desa Sathean dan Arso sebagai sampel, serta mengunjungi destinasi Pariwisata unggulan Pasir Timbul Ngur Tavur dan Ngur Bload/Pasir Panjang sehingga akan mempromosikan kekayaan alam yang luar biasa ini, maka atas keinginan Pemda Malra pihaknya akan Bersama-sama Tim menindaklanjuti. 

Pada kesempatan tersebut Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini Prof. Tati Syamsudin mengatakan terkait Pemanfaatan Data Internet Of Things (IoT) dan Penerapan Budidaya  Rumput Laut untuk meningkatkan produktifitas di Kabupaten Maluku Tenggara, namun sesuai keinginan Pemerintah Daerah dalam hal ini Bapak Bupati Maluku Tenggara, maka berbagai sektor akan kami bangun melalui kemitraan tersebut tentunya disesuaikan dengan kebutuhan Daerah.

Pihaknya juga menyampikan terima kasih atas sambutan baik Bupati Malra Thaher Hanubun yang telah menerima kehadiran ITB di Negeri yang dikenal dengan Kepulauan Kei yang indah ini, maka sesuai hasil diskusi tersebut akan ditindaklanjuti untuk Kerjasama lanjutan sesuai kebutuhan Maluku Tenggara tersebut dan sebelumnya dilakukan pertemuan Bersama Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Maluku Tenggara Nico Ubro terkait potensi sektor perikanan.

Dalam kunjungan tersebut juga mengikut sertakan Kasubag Bidang Pengabdian Masyarakat dan KKN LLPM ITB, Ferdyansyah Purnama, Kasubbga Bidang Penelitian LPPM ITB Dian Sumardiana serta Puspitaningsih Sutrisno Anggota tim Pelaksana. Atas kunjungan ini Pemkab Malra memberikan cendra mata plakat Maluku Tenggara dan Deny Willy Junaidy, dari LPPM ITB menyerahkan cendramata berupa baju desahnesa yang merupakan aplikasi untuk melaporkan masalah kepada Pakar ITB serta buku kegiatan pengabdian masyarakat ITB. (DS)
Maluku Tenggara 2699102216314284675

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC