Loading...

Bupati SBT Harap Pengawasan Orang Asing Dimaksimalkan

BULA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mukti Keliobas berharap Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) di daerah terus melakukan pengawasan secara maksimal terhadap orang asing.

Hal itu disampaikan Keliobas melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Bupati, Idris Rumalutur saat pembukaan rapat koordinasi Tim Pora di Bula, Rabu (21/09/2022).

"Sebagaimana kita ketahui bahwa, di era globalisasi ini, perkembangan perekonomian dan perdagangan global yang menuntut kemudahan pergerakan tidak hanya pada barang dan modal, akan tetapi juga bagi pergerakan manusia," ungkapnya.

Hal itu, lanjutnya berimplikasi pada hubungan internasional yang tidak lagi semata bertumpu pada hubungan antar negara atau, akan tetapi juga bertumpu pada hubungan antar masyarakat. 

Untuk  itu, kemampuan Pemerintah dalam melakukan rekayasa kondisi yang mendukung hubungan antar masyarakat, yaitu pemberian kemudahan perlintasan manusia menjadi sangat penting, demi tercapainya peningkatan  perekonomian bangsa.

"Hal ini tentunya harus juga diiringi dengan upaya peningkatan kewaspadaan dan kesiapan seluruh pihak," imbuhnya.

Menurut Keliobas, segenap aparatur pemerintah dan juga masyarakat umum harus sadar, bahwa terdapat potensi ekses negatif dari kemudahan perlintasan manusia, seperti  masuknya ideologi dan budaya asing yang tidak sesuai, peningkatan tindak kejahatan transnasional, dan berbagai hal lainnya termasuk juga peningkatan jumlah para pencari suaka/pengungsi.

"Akan tetapi, kita tidak boleh terus menutup diri dari tren pemberian kemudahan perlintasan manusia, hanya karena ketakutan kita akan dampak-dampak negatif yang mungkin ditimbulkannya," katanya.

Karena hal itu, lanjutnya hanya akan mengorbankan tujuan utama, yaitu  peningkatan perekonomian bangsa, demi kesejahteraan seluruh rakyat. 

"Melainkan, yang kita perlukan saat ini adalah kerja nyata yang terkoordinir dari seluruh pihak dalam peran dan bidangnya masing-masing untuk mengurangi ekses negatif yang mungkin timbul," tegas Keliobas. 

Karena itu, Keliobas berharap dengan adanya Tim Pora, dapat meningkatkan sinergitas diantara berbagai instansi pemerintah yang terkait dengan permasalahan orang asing, dalam hal pengawasan orang asing tersebut.

Menurutnya, sinergitas ini akan tercapai jika setiap instansi aktif mengambil peran dalam pengawasan orang asing sesuai tugas dan fungsi masing-masing instansi, dan juga aktif berupaya meningkatkan intensitas komunikasi dan kolaborasi dalam berbagai kegiatan dilapangan.

"Saya berharap, agar dimasa yang akan datang Tim Pengawasan Orang Asing dapat juga berkolaborasi dengan pihak-pihak lain, yang juga memiliki perhatian besar terhadap pengawasan orang asing, guna mendukung kegiatan Tim Pengawasan Orang Asing ini," harapnya. (***)
Seram Bagian Timur 5912720241566377702

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC