Loading...

Peringati Hari Nen Dit Sakmas Tahun 2022, Panitia Gelar Karnaval Budaya Kei

MALRA, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Karnaval Budaya yang diikuti oleh seluruh Elemen Masyarakat ini sekaligus memperkenalkan Budaya Kei kepada Dunia luar bahwa tata kelola kehidupan berbangsa dan bernegara sesungguhnya telah dipraktekkan oleh orang Kei jauh sebelum muncul Negara ini.

Sosok Nen Dit Sakmas adalah seorang Wanita Tangguh asli Kei yang memperkenalkan Hukum Adat Larvul Ngabal dan terus dilestarikan hingga saat ini.

Dimasa Pemerintahan para Bupati sebelumnya tidak ada upaya untuk melestarikan Adat dan Budaya Kei lewat kegiatan secara resmi, barulah dimasa Pemerintahan Bupati Hi. M. Thaher Hanubun seluruh potensi Kepulauan Kei diangkat ke permukaan.

Bahkan untuk mengenang jasa peletak dasar Hukum Adat Larvul Ngabal ini Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara telah menetapkan setiap Tanggal 07 September diperingati sebagai hari Nen Dit Sakmas.

Kepedulian Bupati Hi. Thaher Hanubun yang begitu Konsisten menjaga Budaya Kei patut diberi Penghargaan.

Koordinator Panitia Karnaval Budaya Peringatan Hari Nen Dit Sakmas Tahun 2022, Harce Beruatwarin kepada Media ini katakan, untuk Karnaval Budaya pada Tahun ini dibagi dalam dua Kategori dan dilaksanakan selama 2 hari.

"Untuk kategori Pelajar SD - SMP digelar pada hari, Jumat (02/09/2022) sedangkan untuk kategori SMA - SMK serta Umum digelar hari, Sabtu (03/09/2022)," kata Harce Beruatwarin.

Peserta Karnaval Budaya kategori SMA/SMK berjumlah 7 regu, kategori umum ada 6 regu dan peserta dari Ohoi (Desa) sebanyak 72 Ohoi Se-Kabupaten Maluku Tenggara.

"Dari 6 regu kategori umum, salah satu regu adalah Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tenggara," tutup Harce Beruatwarin. (MCS)
Maluku Tenggara 58775605332372857

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC