Loading...

Tahun 2023 Dispersip Kota Tual Akan Miliki Gedung Baru

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Grand Design Pembangunan Fasilitas Gedung Perpustakaan Umum Kota Tual yang akan dibangun pada Tahun 2023 diharapkan dapat bermanfaat bagi Masyarakat Kota Tual terutama dalam rangka meningkatkan Indeks Literasi Budaya Baca.

SDM itu sangat Penting, karena Sumber Daya Alam saja tidak menjamin, sebab banyak Negara yang Kaya akan Sumber Daya Alam, tapi Miskin dalam Perekonomian karena tidak memiliki SDM yang baik.

Penegasan tersebut disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dirpersip) Daerah Kota Tual, Moksen Renwarin kepada Media ini Usai Apel pagi, Senin (01/08/2022).

Lebih lanjut Renwarin jelaskan bahwa, tujuan Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah ini adalah terciptanya Gedung Perpustakaan Umum di Kota Tual yang sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan Daerah Kabupaten/Kota.

Renwarin melanjutkan bahwa, Pengusulan DAK Fisik Sub Bidang Perpustakaan Daerah melalui Aplikasi Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran (KRISNA), dengan melampirkan Data Dukung dalam bentuk tercetak dan Digital yang terdiri dari Surat Pernyataan Kepala Daerah belum memiliki Gedung Layanan Perpustakaan, Sertifikat Kepemilikan Lahan, Dokumen Detail Engginering Design (DED).

"Surat Pernyataan Kepala Daerah tentang Peruntukan Lahan untuk Perpustakaan, Kerangka Acuan Kegiatan, Rincian Angggaran Biaya, dan Daya Dukung lainnya yang menjadi Syarat untuk mendapatkan Bantuan Gedung Layanan Perpustakaan ini," ungkap Renwarin.

Saat ini Kondisi Bangsa Indonesia sedang memasuki Tahap yang sangat menentukan, karena Kondisi Demografi.

Artinya Generasi diatas 18 tahun jumlahnya akan melebihi Orang-orang diatas Lansia. Karenanya, Pemerintah harus mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

Lebih lanjut Renwarin katakan, Untuk Provinsi Maluku pada Tahun 2022 ini hanya mendapat Satu Gedung Perpustakaan yakni di Kabupaten Kepulauan Aru, sedangkan untuk Kota Tual Pembangunannya nanti pada Tahun Depan, sesuai dengan DPA Kantor Perpustakaan Nasional Tahun 2023 saat dirinya diundang bertemu dengan Kepala Pusat Analisa Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas RI, DR. Adin Bondar, S.Sos, M.Si.

"Seperti diketahui ada beberapa Tipe Gedung Perpustakaan yang dibangun oleh Perpusnas RI, Tahun Lalu Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) dibangun Tipe B, begitu pula dengan Maluku Tengah (Malteng) dan Kepulauan Aru, sedangkan Kita di Kota Tual mendapat Tipe A," tutup Renwarin. (MCS)
Tual 5827284297192612637

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC