Loading...

Dinas Ketapang Kota Tual Fokus Pada Pemberdayaan Pangan Lokal

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Penegasan tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tual, Sarmin S.Pt saat diwawancarai media ini dikantornya, Rabu (04/08/2021).

Mantan Sekretaris Dinas Pertanian Kota Tual ini secara lugas menguraikan bahwa, Kota Tual secara Geografis Bukanlah Daerah Pertanian tetapi Banyak dijumpai Keanekaragaman Tumbuhan Lokal yang Justru mampu menopang Kehidupan Masyarakat Kota Tual sejak Ratusan Tahun silam.

"Dirinya mencontohkan Tanaman Singkong Beracun yang mengandung Sianida yang oleh Masyarakat Kei dikenal dengan istilah Enbal saat ini Justru jadi Komoditi Unggulan bahkan Kota Tual dan Maluku Tenggara," ungkap Sarmin.

Seperti diketahui bahwa, Masyarakat Kepulauan Kei sejak Ratusan Tahun silam menjadikan Enbal sebagai Makanan Pokok disamping Sagu dan Ubi Jalar.

Untuk itu, pihaknya akan mendorong agar Masyarakat Kota Tual agar selain mengkonsumsi Beras sebagai Makanan Utama juga sedapat mungkin agar diselingi dengan makanan Lokal juga bergizi tinggi dan telah diolah menjadi aneka produk berupa oleh-oleh Khas dan Camilan yang menjadi Trade Mark Kota Tual sehingga disatu sisi selain menjadi makanan Pokok juga dapat dijadikan Produk unggulan yang menjadi Nilai Tambah bagi Keluarga.

"Saat ini pihaknya akan bersinergi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tual agar Rumah Produksi yang ada di Desa Ohoitel dapat difungsikan sebagai Sentra Produksi Makanan Olahan Tradisional Khas Kei sehingga Tanaman Lokal berupa Enbal, Ubi Jalar dll dapat diproduksi dan dikemas secara Profesional dan menjadi salah satu Produk Unggulan Kota Tual disamping Perikanan," tutup Sarmin. (MCS)
Tual 4747825627051906693

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC