Loading...

Tanggap Cepat Darurat Petugas Kesehatan, Pasca Gempa 6,1 SR di Tehoru dan Sekitarnya

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Tanggap Cepat Darurat Bidan/Petugas Kesehatan di Salah Satu Desa Pada Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yakni Desa Saunolu Pasca Goncangan Gempa 6,1 SR di Kecamatan Tehoru dan Sekitarnya.

Pada Gempa Bumi berkekuatan 6,1 SR menggoncang Kabupaten Maluku Tengah pada, Rabu (16/06/2021) di Kecamatan Tehoru dan sekitarnya, Sesuai dengan Himbauan dari BMKG tersebut mengakibatkan Masyarakat Kecamatan Tehoru dan sekitarnya yang terkena dampak mencari tempat yang lebih aman untuk persinggahan (Pengungsian) sementara.

Saat Bencana, Di tempat pengungsian juga menjadi Sumber Resiko Masalah Kesehatan terhadap masyarakat. 

Hal ini Direspon dan Ditanggap cepat oleh salah satu Petugas Kesehatan Bidan Desa, Ibu M. Yuni Fitriani di Desa Saunolu Kecamatan Tehoru.

Bidan/Petugas Kesehatan Ibu M. Yuni Fitriani ini juga katakan, pada saat di wancarai Media ini, Jumlah masyarakat yang sakit sekitar 25 orang yang berada di tempat pengungsian Desa saunolu. Kebanyakan yang sakit di tempat pengungsian ini di dominan oleh anak-anak dan Lansia. 

"Adapun Penyakit yang di Derita oleh Masyarakat Seperti penyakit bawaan sebelum kejadin Gempa tersebut, Ada yang Sakit Batuk, Demam, Flu, dan ada yang Sakit Jantung, bawaan atau sering lemah jantung," ungkap Ibu M. Yuni Fitriani.

Dalam hal ini, Saat terjadi Bencana bukan saja terjadi kekurangan Fasilitas, Lingkungan dan Akses. Tetapi masalah di Pengungsian adalah masalah Kesehatan yang juga Penting dan perlu di perhatikan.

"Jadi untuk sementara Dampak Kesehatan Masyarakat dari Gempa ini adalah Sakit bawaannya yakni lemasnya saja seperti Syok. kadang-kadang kalau dia punya Sakit atau Penyakit bawaan kemungkinan dia bisa kambu," ujarnya.

Dampak dari Kejadian ini sejauh yang saya pantau ada 2 Orang Sakit Lemah Jantung, satu lbu masa subur dan satunya lagi lansia.

"Kami di sini juga masih banyak kekurangan untuk obat-obatan seperti Paracetamol, Anti Biotik, Cairan Infus, Infu Set, Sabuket, Fitamin-Fitamin, dan Obat-Obatan untuk anak-anak," ucapnya.

Kami juga sekrang sudah melakukan Koordinasi dengan pihak pustu kecamatan, Tetapi belum ada juga nanti seperti apa, Karena kebetulan dari pihak pustu obat-obatan tersebut belum ada. Dan kitapun tanganinya memakai obat pribadi yang sementara kami gunakan, Untuk menangani masalah kesehatan tersebut.

"Ini juga nanti kami beritahukan agar secepatnya obat-obatan dari pihak pustu atau Rumah Sakit bisa dapat di upayakan dengan secepatnya," harapnya. (MCJ)
Malteng 3875414547842798683

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC