Loading...

PemDes Labuan Diminta Perhatikan Pelaku Perjalanan Dalam Karantina

Tim Kesehatan Lakukan Pemeriksaan Kepada Pelaku Perjalanan
AMBON, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Warga Desa Labuan, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Meminta Pemerintah Desa setempat memperhatikan Pelaku Perjalanan (PP) yang dikarantina.

"Selama di tempat karantina tidak ada perhatian dari pemerintah Desa terhadap yang dikarantina," ungkap salah warga Desa Labuan ML yang dikonfirmasi dari Ambon, Senin (25/05/2020).

Dijelaskan, tidak adanya perhatian Pemerintah Desa (PemDes) setempat karena dana desa (DD) belum dicairkan untuk Penanganan masalah Corona Virus Disease (Covid-19), sampai dengan karantina terhadap Pelaku perjalanan yang Dikarantina di salah satu sekolah.

Untuk itu, dirinya sudah memberikan surat terbuka kepada Pemerintah desa yang berisikan penanganan Covid-19 di Labuan perlu dilakukan secara terstruktur, tersistematis dengan penuh rasa tanggungjawab.

Untuk itu, tambah dia, perlu dibentuk Tim Penanganan Covid-19 Desa Labuan sebagaimana telah diinstruksikan oleh Pemerintah yang terdiri dari unsur Pemerintah Desa, unsur Keamanan, unsur Kesehatan,unsur Pemuda, unsur Keagamaan dan Tokoh Masyarakat.

"Selain itu, perlu dilakukan pengamanan dan Pemantauan terhadap setiap orang luar yang masuk dan beraktivitas di Desa Labuan, dengan mengaktifkan pos-pos penjagaan pada titik strategis/pintu keluar masuk Desa Labuan," katanya.

Dia juga meminta kepada Pemerintah Desa menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker dan sering mencuci tangan apabila melakukan aktivitas di luar rumah (Area Publik), serta membagikan kepada Masyarakat Fasilitas untuk mencuci tangan.

Sarana dan Fasilitas yang layak bagi karantina untuk warga Desa Labuan perlu dimaksimalkan, Karena yang terjadi saat ini sudah 4 hari dirinya menjalani proses karantina tetapi belum mendapatkan pemeriksaan kesehatan.

"Selain itu, Pemerintah Desa perlu memaksimalkan Dana Desa sesuai ketentuan yang berlaku guna Penanganan Covid-19 di Desa Labuan," ujarnya.

Ia menambahkan PemDes perlu melakukan edukasi yang benar terhadap masyarakat, terkait antisipasi dan Penanganan Covid-19 sehingga masyarakat mengerti dan tidak perlu takut secara berlebihan.

Selain itu, tambah dia, Pemerintah Desa Labuan perlu menghimbau kepada seluruh warga masyarakat, untuk mempersiapkan ketahanan pangan lokal di Desa Labuan guna mengantisipasi kemungkinan terburuk dari Dampak Covid-19 yang dapat mempengaruhi ekonomi. (MCO)
Malteng 8772478329952895794

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC