Loading...

Penobatan Rat Famur Danar Yang Ke-XVII

MALRA, Malukuchannel.com - Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun dan Wakil Bupati Petrus Beruatwarin serta Walikota Tual Adam Rahayaan dan Wakil Walikota Tual Usman Tamnge Hadiri pengukuhan dan Penobatan secara adat kepada Abdul Gani Hanubun, S.Sos sebagai Rat Danar Famur yang ke–17 di Ohoi Danar, Sabtu (02/11/2019).

Pimpinan TNI-Polri, OPD, Camat, Kepala Ohoi, Dewan Raja Ursiuw Lorlim dan masyarakat Adat. Acara pengukuhan diawali dengan prosesi adat yang dilaksanakan di Rumah kediaman Rat Famur Danar setelah itu diarak ke tempat pengukuhan.

Rat Famur Danar yang ke-17 Abdul Gani Hanubun, S.Sos bersama Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun, di antar oleh Tarian Panah menuju tempat pengukuhan untuk dikukuhkan dengan prosesi secara adat.

"Dalam sambutanya Bupati Hanubun meminta supaya kursi Raja-Raja yang masih kosong agar segera di isi, sehingga proses Rekomendasi Calon Kepala ohoi yang terhambat segera dapat di selesaikan sesuai peraturan dan persyaratan dengan melihat Garis Keturunan lurus," ungkap Hanubun.

Menurut Bupati, jika masih ada kendala mari kita duduk bersama untuk dapat menyelesaikannya. Kalau pun permasalahan Raja dan Kepala ohoi yang belum jadi karena masih berhubungan dengan Kota Tual, mari kita bersama-sama duduk dan menyelesaikan persoalan tersebut.

Thaher minta kepada Para Raja yang membawahi ohoi-ohoi yang belum ada kepala ohoi defenitifnya, untuk bisa mengurusnya dengan melihat yang kepada mata rumah yang berhak.

"Karena ini kursi panas sehingga apabila yang menduduki kursi tersebut bukan yang punya, maka nanti mereka akan merasakan akibatnya," ujarnya.

Bupati. M. Thaher Hanubun berpesan kepada Rat Famur Danar yang telah di Nobatkan dan dikukuhkan, untuk menjalankan tugas sebagai seorang Raja dan Bapak bagi semua masyarakat.

Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan atraksi seni budaya khas masing-masing ohoi yang ada dilingkup Ratschap Famur Danar, serta beberapa ohoi tetangga dalam lingkup persekutuan Ursiuw yang turut memeriahkan acara pengukuhan. (MCS)
Maluku Tenggara 2345092317229053079

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC