Loading...

Rakib Sahubawa: Buka Secara Resmi Rapat KPKM di Kabupaten Malteng

MASOHI, Malukuchannel.com - PLT Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah Dr. Rakib Sahubawa, MSi mewakili Bupati Malteng Abua Tuasikal,SH membuka secara resmi Rapat Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (KPKM) di Kabupten Malteng Tahun 2017, yang melibatkan sejumlah Dinas dan Badan terkait dalam Lingkup Pemda Malteng, Rabu (13/12/2017) yang bertempat di Aulla Penginapan Lelemuku Kota Masohi.

Dalam kesempatan ini pula, sambutan Bupati Malteng Tuasikal Abua, SH yang di bacakan oleh PLT Sekda Malteng, Rakib Sahubawa: menyampaikan bahwa rapat ini sangat penting dan diperlukan untuk mengevaluasi capaian dan kendala terhadap seluruh program dan kegiatan yang telah dilakukan oleh Pemerintah maupun stakeholder selama satu tahun yang lalu terutama program dan kegiatan berorientasi pada peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat di Bumi Pamahanunusa yang sama-sama kita cintai ini.

"Capaian seluruh program dan kegiatan yang telah dilaksanakan serta mampu menghasilkan kebijakan, rencana kerja, tekad dan
komitmen kita semua untuk mengoptimalkan keberhasilan pelaksanaan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada masa mendatang, "Ungkapnya.

Tuasikal menambahkan, Perlu disadari bersama bahwa pada sektor kependudukan, kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan dan perumahan masyarakat sebagai indikator kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah sampai saat ini masih mengalami disparitas atau kesenjangan yang cukup nyata.

Misalnya dalam bidang pelayanan pendidikan masih terjadi kesenjangan mutu pelayanan pendidikan dasar antar wilayah kecamatan, antar Sekolah dengan Sekolah dan antar sekolah dengan Madrasah. Kesenjangan dalam pemenuhan pelayanan pendidikan dasar banyak disebabkan oleh perbedaan kapasitas Sumber Daya Manusia, kesadaran pemangku kepentingan, kemampuan penganggaran, sarana-prasarana dan faktor geografis, "Jelasnya.

Tuasikal, membenarkan pembangunan di bidang kesehatan sampai saat ini masih menghadapi berbagai tantangan, seperti masih adanya kesenjangan status kesehatan masyarakat antar wilayah, antar status sosial dan ekonomi, berbagai penyakit baru atau penyakit lama yang muncul kembali.

Di sisi lain, masih terdapat beberapa target MDGS yang memerlukan upaya lebih keras untuk mencapainya, yaitu penurunan angka kematian ibu, penurunan angka Penyebaran HIV/AIDS dan akses air minum berkualitas yang terjangkau bagi masyarakat.

Angka kematian ibu dan bayi, angka kelahiran total, prosentase akses sumber air bersih dan menurunnya kasus malaria masih sulit dicapai.

"Mengacu pada berbagai permasalahan dan tantangan serta mengingat dalam RPJMD 2017-2022, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah menempatkan aspek pendidikan, kesehatan, kependudukan maupun ketenagakerjaan sebagai sasaran pokok pembangunan daerah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini perlu saya sampaikan mengingat kita semua berkewajiban dan senantiasa dituntut untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dialami masyarakat terutama masalah dalam bidang pendidikan, kesehatan, perumahan, kependudukan dan ketenagakerjaan yang terjadi di daerah ini, "Tutupnya. (Mc-J)
Malteng 7735316136090815200

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC