Loading...

Makan Patita dan Pesta Rakyat Pamahanunusa, Syukuran Dilantiknya Bupati-Wabup Periode 2017-2022

MASOHI, Malukuchannel.com - Silaturahmi melalui Acara Makan Patita yang merupakan rangkaian kegiatan Pesta Rakyat Pamahanunusa tahun 2017 sekaligus sebagai wujud syukuran atas pelantikan, Hi Tuasihal Abua, SH dan Marlatu L. Leleury, SE sebagai Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah periode 2017-2022, tanggal 8 September 2017 dua hari lalu di Lantai 7 kantor Gubernur Maluku. Minggu, (09/09/2017) yang bertempat di Pantai Ina Marina "Dualang Patita" Kota Masohi.

Pada kesempatan ini Pula Bupati Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua, SH dalam sambutannya menyatakan: Dengan rasa kebahagiaan dan kebanggaan ini pula, melalui makan patita yang mana mengandung pesan moral dan sosial yang positif untuk merefleksikan bahwa seluruh umat manusia termasuk kita semua di daerah ini ada satu kesatuan sebagai orang basudara.

Pesan moral antara Lain menegaskan bahwa sesungguhnya walaupun kita berbeda dalam asal usul daerah, agama, golongan dan lain sebagainya, namun kita ini adalah satu keluarga besar yang terhimpun dalam sebuah Baileo yang berada di Kabupaten Maluku Tengah.

Melalui momentum makan patita seperti ini, selalu di ingatkan bahwa Bumi Pamahanunusa yang mana sejak terbentuk pada tahun 1952 hingga saat ini sampai di masa mendatang adalah negeri yang masyarakatnya majemuk, toleran, relegius, cerdas dan harmonis karena berada dalam satu perasaan dan rasa kebanggaan yang sama sebagai orang Maluku Tengah. "jelas Tuasikal

Tuasikal, menambahkan: selalu mengedepankan budaya Masohi. budaya bergotong royong dalam membangun Kabupaten ini dan menggelorakan semangat hidup orang basudara di dalam kehidupan kita sehari-hari dan melalui momentum Makan Patita bersama seperti ini adalah salah satu bentuk manifestasi makna hidup orang basudara dalam konteks keberagaman namun tetap hidup rukun dan damai.

"Mari kita hindari hakekat perbedaan-perbedaan untuk kepentingan politik atau kepentingan golongan tertentu dan bersifat pragmatis yang mungkin dapat menimbulkan benturan antar kita sesama orang basudara. Dan sebaliknya. marilah kita kelola berbagai perbedaan pandangan dan keragaman yang ada, sebagai energi positif dalam kerangka mencari solusi-solusi terbaik bagi penyelesaian persoalan-persoalan semua warga masyarakat Kabupaten Maluku Tengan.

Kami adalah Bupati dan Wakil Bupati untuk semua warga masyarakat Maluku Tengah, "Tegas Tuasikal.

Tuasikal: mengingatkan, bahwa banyak suka duka, manis pahit, senyum dan tangis telah kita semua Lalui bersama lima tahun yang Ialu. Olehnya itu, melalui momentum yang indah ini saya mengajak kita semua apabila ada rasa kecewa. atau janji-janji kami yang belum terealisasi, atau salah paham di antara kita, baik yang disengaja maupun tidak, maka di tempat ini di atas tanah para leluhur, tanah datuk-datuk kita. Bumi Pamahanu-Nusa tercinta ini saya memohon dengan hormat kiranya kita ikhlas untuk tinggalkan masa lalu yang mungkin kelam itu.

Tuasikal: berharap, melalui kebersamaan Makan Patita di saat ini, akan senantiasa mendorong nurani kita, untuk terus bergandengan tangan, bahu membahu dan membangun negeri ini dalam keharmonisan hidup orang basudara. (Mc-G)
Malteng 9199881605449218968

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC